BEI Beri Stimulus Pasar Modal, Emiten Bisa Diskon Biaya Pencatat Saham

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 13:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 21 278 2233804 bei-beri-stimulus-pasar-modal-emiten-bisa-diskon-biaya-pencatat-saham-kS6EpttuRN.jpg Saham (Shutterstock)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan serangkaian stimulus yang akan diberikan kepada stakeholders pasar modal. Tujuan dari stimulus ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi yang sedang dihadapi oleh segenap stakeholders Pasar Modal Indonesia.

Aturan tersebut melalui surat Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor: S-168/D.04/2020 mengenai Persetujuan Relaksasi Kebijakan dan Stimulus Self-Regulatory Organization (SRO) kepada Stakeholder.

 Baca juga: 10 Perusahaan Tbk Indonesia yang Masuk Jajaran Paling Top Se-Asean, Begini Performanya

Salah satu yang akan melaksanakan stimulus tersebut adalah PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Mengutip keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (21/6/2020), berikut ini adalah serangkaian stimulus yang telah dirumuskan dan ditetapkan oleh SRO melalui koordinasi BEI bersama

OJK.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memberikan dukungan penyediaan infrastruktur Teknologi Informasi kepada Anggota Bursa dalam implementasi kebijakan work from home (WFH). Dukungannya dengan menggunakan internet dan cloud sehingga dapat mendukung pencegahan penyebaran COVID-19.

 Baca juga: Di Tengah Covid-19, Investor Pasar Modal Meningkat 8%

Selain itu, BEI juga memberikan stimulus dan kebijakan khusus terhadap kewajiban untuk pembayaran biaya Pencatatan awal saham dan atau biaya Pencatatan saham tambahan yang dipotong sebesar 50% dari perhitungan nilai masing-masing biaya bagi Perusahaan Tercatat dan atau Calon Perusahaan Tercatat sebagaimana dimaksud dalam ketentuan pada:

a. biaya Pencatatan awal saham

i. ketentuan VII.2.1. Lampiran I Peraturan Nomor I-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat;

ii. ketentuan VII.2. Peraturan Nomor I-V tentang Ketentuan Khusus Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham di Papan Akselerasi yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat.

 Baca juga: Imbas Covid-19, BEI Proyeksi Total Dana IPO Bakal Lebih Rendah Tahun Ini

b. biaya Pencatatan saham tambahan

i. ketentuan VIII.4.1. Lampiran II Peraturan Nomor I-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat;

ii. ketentuan VII.4. Peraturan Nomor I-V tentang Ketentuan Khusus Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham di Papan Akselerasi yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat.

Kebijakan khusus tersebut berdasarkan Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00044/BEI/06-2020 tanggal 18 Juni 2020 perihal Kebijakan Khusus atas Biaya Pencatatan Awal Saham dan Biaya Pencatatan Saham Tambahan.

Diharapkan, kebijakan ini dapat memberikan keringanan kepada Perusahaan Tercatat dan atau Calon Perusahaan Tercatat baru dalam menggalang dana jangka panjang dari masyarakat.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini