Baru Menjabat, Bos Hutama Karya Mau Tertibkan Anak Usaha

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 320 2235594 baru-menjabat-bos-hutama-karya-mau-tertibkan-anak-usaha-dxCqYpuEPy.jpg Dirut Hutama Karya Budi Harto (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) akan melakukan perampingan pada anak usahanya. Hal ini menindaklanjuti arahan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tentang perampingan anak usaha yang tidak efisien.

Direktur Utama Hutama Karya (Persero) Budi Harto mengatakan, perampingan anak usaha ini dilakukan agar perusahaan bisa lebih efisien. Dengan begitu, masing-masing anak usaha juga bisa fokus pada core bisnisnya.

Baca Juga: Skenario New Normal Ala Hutama Karya

"Bukan bubarin tapi ditata (anak usaha Hutama Karya)," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR-RI, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Menurut Budi Harto, ada beberapa mekanisme yang akan digunakan oleh perusahaan untuk merampingkan anak usaha. Salah satunya adalah dengan melakukan merger beberapa anak usaha yang memiliki core bisnis sama dan tak juga untung.

Hanya saja, dirinya tidak menyebutkan berapa banyak anak usaha yang akan di marger. Namun dirinya menyebut selain di merger, ada mekanisme lain yang akan dilakukan perseroan.

Baca Juga: Erick Thohir Rombak Direksi dan Komisaris Adhi Karya

"Ada yang di merger ada juga yang enggak. Belum (perusahaan mna saja dan berapa banyak anak usaha) nanti kalau sudah tak sampaikan. Kalau sekarang disampaikan anak buah saya yang mengelola nanti bingung," kata Budi.

Saat ditanya kemungkinan menyatukan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pengelola Trans Sumatera, Budi enggan berkomentar. Sebab saat ini fokus dari Hutama Karya adalah untuk menyelesaikan jalan tol Trans Sumatera terlebih dahulu.

"Tergantung (mau disatukan atau tidak BUJT Trans Sumatera). Kan ini masih jauh jauh (jalan tolnya)," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini