New Normal, Mendag Minta Pengusaha untuk Berinovasi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 320 2235847 new-normal-mendag-minta-pengusaha-untuk-berinovasi-9XrWAggV50.jpg Ecommerce (Reuters)

JAKARTA – Pengusaha di Indonesia diminta untuk berinovasi di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Salah satu upaya yang efektif, yaitu mengembangkan penjualan produk melalui daring atau online.

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto mengatakan, pengembangan pasar juga harus gencar ke negara-negara potensial. Serta, berinovasi secara virtual.

 Baca juga: Ada WhatsApp Pay, Awas Data Transaksi Disalahgunakan

“Pengembangan pasar tujuan ekspor ke negara-negara potensial juga gencar dilakukan secara virtual dengan mengembangkan layanan informasi perdagangan secara online untuk tetap menjaga kinerja ekspor yang mulai tertekan akibat pandemi,” kata Agus dalam diskusi virtual, Rabu (24/6/2020).

Agus menyebut, pihaknya akan terus mengupayakan penyediaan bahan baku untuk industri domestik yang mulai bangkit dan memiliki potensi di perdagangan luar negeri saat pandemi. Seperti industri alat kesehatan, pertanian makanan dan minuman.

“Kami akan terus perkuat industri tersebut,” ujarnya.

 Baca juga: Perubahan Digital karena Covid-19, Dua Pertiga Manusia di Dunia Kini Gunakan Ponsel

Ia menyatakan, dalam menyambut new normal atau tatanan hidup baru di sektor perdagangan, bisa menjadi titik tolak bagi aktivitas perdagangan dan perekonomian masyarakat Indonesia. Saat ini era normal baru harus dihadapi bersama dengan inovasi dan adaptasi secara terus-menerus.

“Tantangan perdagangan global dan nasional di masa yang akan datang tentu akan semakin kompleks dan masih diliputi dengan ketidakpastian. Saat ini era normal baru harus dihadapi bersama dengan inovasi dan adaptasi secara terus-menerus,” katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini