Cara Berdiskusi dalam Meeting, Kontrol Cara Bicaramu!

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 320 2236207 cara-berdiskusi-dalam-meeting-kontrol-cara-bicaramu-szuNU7LDub.jpg Diskusi Rapat (CompanyDirectors)

JAKARTA - Di dunia kerja, diskusi menjadi suatu hal yang bermanfaat. Hal ini baik dalam rapat maupun sesama rekan kerja.

Maka dari itu, diskusi dalam lingkungan pekerjaan adalah sesuatu hal yang lumrah dan lazim terjadi. Diskusi umumnya terjadi untuk mencari solusi dan merumuskan sebuah rencana pekerjaan.

 Baca juga: Ancaman Krisis Ekonomi, Pekerja Migran Butuh Perlindungan

Tapi, berdiskusi pun juga ada aturannya. Jangan sampai diskusi dengan rekan kerjamu bukan menjadi solusi malah timbul masalah baru.

Apalagi berurusan dengan orang-orang yang selalu mengganggu dengan memotong pembicaraan saat berdiskusi. Bahkan, terkadang ide-idemu tidak didengar secara baik oleh rekan kerja.

 Baca juga: Fresh Graduate, Waspada Sulitnya Cari Kerja di Tengah Covid-19

Namun, kamu harus tetap percaya diri dalam berdiskusi dan tidak perlu malu serta gugup. Bahkan, perlu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar diskusimu menjadi bermanfaat.

Oleh sebab itu, mengutip instagram Kemnaker, Jakarta, Kamis (25/6/2020), hal-hal berikut yang perlu kamu perhatikan saat diskusi dengan rekan kerja atau dalam meeting:

 Baca juga: Kurangi Pengangguran, 144.163 Tenaga Kerja Terserap Proyek Padat Karya

1. Kontrol cara bicara

2. Hindari hal-hal pribadi saat diskusi

3. Tetap menghormati rekan kerja saat diskusi

4. Bersedia menerima negosiasi dari lawan diskusi.

Nah, selain keempat itu, ada tipe-tipe orang di dunia kerja, yaitu yang langsung mengutarakan pendapat atau memendam pendapat. Jadi saat rapat, kamu termasuk yang mana?

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini