Erick Thohir Sindir Pertamina: Hulu Diambil, Tapi Lifting Turun Terus

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 320 2236492 erick-thohir-sindir-pertamina-hulu-diambil-tapi-lifting-turun-terus-yUbxq8ikjX.jpeg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka kepada pihak swasta untuk bekerjasama dengan perusahaan pelat merah. Asalkan tujuannya adalah untuk mendukung perekonomian negara.

Menurut Erick Thohir, dengan kerjasama bersama swasta akan lebih efisien dalam hal pengelolaan maupun hasilnya. Misalnya saja dalam pengelolaan blok migas atau Wilayah Kerja Migas oleh Pertamina.

Baca juga: Sering Rombak Direksi BUMN, Erick Thohir: Bukan karena Like or Dislike

Selama ini, pemerintah terus memberikan kesempatan kepada PT Pertamina untuk mengelola sektor migas. Namun meskipun selalu diberikan kesempatan, namun target lifting migas justru selalu meleset bahkan cenderung turun.

"Hulu-hulu itu diambil oleh PT Pertamina. Tapi lifting turun terus," ujarnya dalam acara Manager Forum MNC Group, Kamis (25/6/2020).

Menurut Erick Thohir, selain sektor swasta, BUMN juga membuka peluang kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa bekerjasama. Selama ini, para pelaku UMKM sering kali terpinggirkan padahal sangat bermanfaat bagi perekonomian nasional.

 Baca juga: Jamkrindo Dapat Suntikan Modal Rp3 Triliun, Untuk Apa?

"Banyak sekali yang dikerjakan dengan swasta. Bahkan dengan mitra strategi yang selama ini tertutup. Bagaimana melibatkan UMKM," jelasnya.

Bahkan menurut Erick Thohir, sering kali UMKM tidak diberikan kesempatan karena tertutup oleh anak cucu perusahaan BUMN. Oleh karena itu, ke depannya anak cucu perusahaan BUMN ini akan ditertibkan sesuai dengan core bisnisnya.

"Ada anak cucu melakukan kegiatan yang memberatkan UMKM Termasuk kepada proyek strategis nasional," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini