Sri Mulyani Akui Belum Semua Tenaga Medis Mendapatkan Insentif

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 27 Juni 2020 18:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 27 20 2237465 sri-mulyani-akui-belum-semua-tenaga-medis-mendapatkan-insentif-lOnHdmUPnb.jpg Uang Rupiah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengalokasikan insentif untuk tenaga kesehatan (nakes) pusat dan swasta ke dalam DIPA Kementerian Kesehatan sebesar Rp1,9 triliun. Sedangkan, insentif untuk tenaga kesehatan daerah dialokasikan sebesar Rp3,7 triliun yang dialokasikan bertahap melalui DAK Nonfisik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui masih ada beberapa tenaga kesehatan yang belum menerima insentif. Sebab hingga saat ini realisasi insentif untuk tenaga kesehatan baru mencapai 4,68%.

"Sampai hari ini kesehatan 4,68%. Makanya masih muncul kenapa tenaga kesehatan belum kompensasi padahal APBNnya sudah berikan alokasi," ujarnya dalam diskusi viRtual, Sabtu (27/6/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Program Perlindungan Sosial dan Bansos Segera Dieksekusi

Menurut Sri Mulyani, belum cairnnya insentif untuk tenaga kesehatan dikarenakan masih dilakukan verifikasi. Hal ini agar insentif yang diberikan bisa tepat sasaran. "Ini karena masalah verifikasi, dokter di mana, nama siap, Rumah Sakit apa, dan bertugas dimana," jelasnya.

Tak hanya insentif tenaga medis saja, santunan untuk tenaga medis yang meninggal juga belum semuanya cair. Mengingat, proses verifikasi masih perlu dilakukan.

Baca Juga: Jokowi Siapkan 'Vaksin' Penangkal Virus Korona ke Ekonomi RI

"Itu antara kehati-hatian namun at the cost sampai Juni belum semua dapatkan kompensasi tenaga kesehatan. Begitu juga santunan meninggal," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, pemerintah akan terus memantau perkembangan dari anggaran untuk covid-19 ini. Apalagi anggaran yang dikeluarkan cukup besar.

"Implementasinya kita sadar akan hadapi banyak hal sebagai tantangan," kata Sri Mulyani.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini