4,2 Juta Pelaku Usaha IKM 'Sakit-sakitan' Imbas Covid-19

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 320 2239544 4-2-juta-pelaku-usaha-ikm-sakit-sakitan-imbas-covid-19-BtYYD7sX7N.jpg Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut sebanyak 4,2 juta pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia terkena dampak dari serangan virus corona atau Covid-19. Dari total itu, terhitung 4,2 juta IKM tersebut mampu menyerap 94,3 juta tenaga kerja.

“Berdasarkan data BPS jumlahnya sangat signifikan (yang terkena dampak) sebesar 4,2 juta IKM atau 99% dari jumlah industri yang ada di Indonesia dengan jumlah penyerapan tenaga kerja yang cukup tinggi yaitu 94,3 juta tenaga kerja,” kata Agus dalam diskusi virtual, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga: Bangga Buatan Indonesia, Menko Luhut: Jadikan IKM Tuan Rumah di Negeri Sendiri 

Dia mengatakan, di tengah-tengah krisis yang tengah melanda ini dibutuhkan sebuah inovasi dari setiap pelaku usaha agar tetap mampu bertahan dari lesunya perekonomian.

“Semua tahun industri dituntut untuk lakukan inovasi-inovasi terutama dalam rangka untuk memenuhi dalam negeri,” ujarnya.

Baca Juga: Menko Luhut Minta Pejabat Beli Produk Lokal untuk Kebutuhan Pribadi 

Dia mengaku akan terus mengkampanyekan pembelian produk dalam negeri kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dengan begitu, diharapkan perkekonomian Tanah Air dapat kembali melonjak.

“Terkait dengan pelaksanaan kampanye ini, ada beberapa hal yang kami laporkan, ini adalah bangga buatan Indonesia yang pelaku usaha dengan mendorong buatan Indonesia,” kata dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini