4 Cara Ngumpulin Modal untuk Bisnis, dari Gaji hingga Sedekah

Natasha Oktalia, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 320 2241144 4-cara-ngumpulin-modal-untuk-bisnis-dari-gaji-hingga-sedekah-EBE8VeJjlD.jpeg Gaji (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Modal adalah hal terpenting yang harus dimiliki saat memulai bisnis. Ada beragam cara untuk mengumpulkan modal mulai dari gaji, tabungan atau pinjaman yang diajukan ke bank.

Mengumpulkan modal dari gaji bukan hal sulit ternyata. Berikut adalah tips mengumpulkan modal yang dikutip dari Buku karya Astri Novia dan Natar Adri yang berjudul Bisnis Sampingan Modal <5 Juta, Sabtu (4/7/2020):

Baca Juga: Jangan Cuma Bengong jika Dagangan Kamu Belum Laku, Lakukan Hal Ini 

1. Menyisihkan penghasilan setiap bulan

Sedikitnya penghasilan bulanan bisa disisihkan sebesar 10% dapat untuk keperluan modal bisnis sampingan. Hal ini dinilai efektif jika dilakukan secara disiplin, tapi jangan tergoda untuk mengambil uang tersebut sebelum waktunya.

2. Mengubah mindset

Selama ini, penghasilan yang dimiliki pasti dipergunakan untuk membeli barang yang diinginkan atau butuhkan. Nah, saat ini belajar untuk mengubah mindset tersebut menjadi berbelanja kebutuhan setelah menabung.

Baca Juga: Sepi Job, Seniman Campursari Cari Cuan di Bisnis Bonsai Kelapa 

3. Bergaul dengan orang yang memiliki jiwa bisnis

Kalau pernah mendengar pepatah "Orang tua berkata, dengan siapa kita bergaul maka pemikiran kita pun akan mengikuti pemikiran orang dalam lingkungan yang sama." pepatah tersebut memang benar adanya, dan sangat berperan saat memulai membuka usaha bisnis. Saat bergelut di dunia bisnis, pasti rekan di lingkungan sekitar juga bergelut di dunia bisnis. Dengan begitu, semangat berbisnis akan tumbuh seperti pebisnis lainnya.

4. Bersedekah

Sudah menjadi kewajiban setiap individu untuk menolong sesama. Penghasilan yang diterima juga bisa diberikan ke sesama yang membutuhkan, percayalah jika memberi sedikit penghasilan kepada sesama yang membutuhkan, suatu saat akan mendapatkan rezeki yang lebih. Sedekah akan membukakan jalan rezeki dan menggali sumber penghasilan baru.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini