Ada Kapal Besar di Blok Kangean Buatan Indonesia

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 320 2241556 ada-kapal-besar-di-blok-kangean-buatan-indonesia-UJzT35TNYc.jpg Pembangunan Kapal untuk Angkut Material Industri Migas. (Foto: Okezone.com/SKK Migas)

JAKARTA - SKK Migas menilai pembangunan kapal utility boat yang dibuat Kangean Energi Indonesia, Ltd (KEI), bermanfaat untuk industri hulu migas. Kapal pembawa material dan logistik tersebut pun akan digunakan untuk operasi industri hulu migas di Blok Kangean, Madura Jawa Timur.

"Selain menghasilkan kegiatan operasi yang lebih efisien, pembangunan kapal dengan menggunakan TKDN 85% ini membuktikan bahwa industri migas berkomitmen menjalin kemitraan dengan masyarakat sekitar untuk ikut berkontribusi membangun ekonomi lokal yang kuat dan berkelanjutan," kata Plt Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas, Sulistya Hastuti.

Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa SKK Migas Erwin Suryadi merinci, pembangunan kapal utility boat tersebut dikerjakan oleh perusahaan perkapalan Ekalya Purnamasari di galangan kapal Surabaya.

Rencananya, pembangunan kapal yang dirancang oleh putra putri Indonesia akan diselesaikan pada tanggal 14 April 2021 sehingga dapat mulai dioperasikan pada akhir April 2021.

Nantinya pun, kapal tersebut memiliki panjang 48 meter dan berkekuatan 2.400 tenaga kuda, kapal ini dirancang mampu melaju mulus meski bermuatan full.

Baca Selengkapnya: Keren, Kapal Made in Indonesia Siap Angkut Material untuk Industri Migas

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini