Sebelum Memulai, Pahami Dulu Yuk Jenis-Jenis Bisnis Online

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 320 2241976 sebelum-memulai-pahami-dulu-yuk-jenis-jenis-bisnis-online-x7kkdrkC1c.jpg Belanja Online (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Bisnis online menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati. Selain keuntungan yang menjanjikan, pengaplikasian bisnis online dinilai mudah dan menjadi daya tarik tersendiri.

Namun, sebelum kalian menjalankan bisnis online, tentunya harus paham mengenai jenis-jenis bisnis online yang ada. Jenis usaha online tersebut terbagi menjadi beberapa kategori.

Kali ini Okezone akan membahas bisnis online yang dilansir dari Buku yang berjudul Langkah Awal Memulai Bisnis Online, karya Mustolih Hakim, Jakarta, Senin (6/7/2020):

1. Lelang online

Kegiatan lelang online saat ini sangat marak dan diminati oleh para netpreuner. Seperti menjadi ajang obral dan cuci gudang lainnya, kegiatan lelang online ini justru sangat diminati karena para pelelang dapat mencari aneka barang yang dibutuhkan mulai dari uang kuno, PC tua, barang antik sampai barang pustaka lainnya. Saat ini salah satu situs lelang yang diminati banyak orang adalah e-Bay, situs e-commerce yang berfokus kepada lelangan barang secara online, e-Bay sendiri lebih memfokuskan pada pelayanan dua arah, dari member untuk member. Namun, sayangnya E-Bay tidak memberikan jaminan atau garansi atas produknya.

Baca Juga: Jadi Tren, Sepeda Kini Jadi Peluang Bisnis yang Menjanjikan 

2. Toko online

Seperti toko pada umumnya, menjual barang yang diperlukan untuk konsumen. Perbedaannya terletak pada "bentuk" toko itu sendiri. Umumnya, toko online adalah bentuk toko yang berupa situs atau website. Memajang produk yang dijual berupa foto, teks dengan penjelasan spesifikasi, dan harga masing-masing produk. Salah satu keuntungan toko online adalah tidak memerlukan pelayan untuk menjaga "toko" tersebut, dan umumnya beroperasi selama 24 jam.

3. Home industri online

Industri satu ini berasal dari hasil produksi rumahan. Baik yang bekerja di bidang garment, kerajinan, aksesori, tas, sepatu atau makanan minuman sekaligus. Keuntungan menjual berbasis online adalah dapat menjangkau konsumen yang tersebar di mana pun. Memasarkan secara online dengan membangun website sebagai media promosi sekaligus sebagai galeri maya yang memamerkan aneka produk.

Baca Juga: Kim Kardashian, Lady Gaga hingga Vatikan Ternyata Pesan Mebel di Semarang 

4. Menjual informasi (Book& & Ebook)

Sebagai sumber ilmu, buku menjadi salah satu sumber informasi dan pengetahuan di dunia. Pesatnya perkembangan teknologi, membuat sejumlah penulis dan pengarang buku yang menghasilkan buku melalui internet. Di dunia maya, sudah banyak sekali bertebaran situs-situs bisnis informasi dalam bentuk E-book. Jenis yang ditawarkan beragam, ada yang menggunakan bahasa Inggris maupun Indonesia, Tema dari buku tersebut dan sejumlah tawaran menarik lainnya.

5. Agency online

Agency online yang dimaksudkan adalah situs penjualan dari produk-produk perusahaan. Misalnya, maskapai penerbangan untuk menjual tiket pesawat dan bekerja sama dengan biro perjalanan wisata, atau beragam situs yang menjual barang-barang kerajinan, makanan dan minuman.

6. Jasa (service) online

Bisnis ini menjual jasa di dunia maya, beragam skill yang dimiliki juga dapat dipergunakan di bisnis jasa service online, seperti jasa pengurusan surat izin usaha, desain grafis, bahkan lawyer (pengacara).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini