Lagi Tren Bisnis Tanaman Hidroponik, Gimana Sih Caranya?

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 320 2242646 lagi-tren-bisnis-tanaman-hidroponik-gimana-sih-caranya-eRlDS6sEtV.jpg Tanaman Hidroponik (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Selain bersepeda, hobi menanam sayur hidroponik juga sedang tren saat pandemi covid-19. Selain mudah, keunggulan penanaman ini adalah tidak memerlukan lahan yang besar.

Metode ini bisa dilakukan di rumah masing-masing dengan bahan-bahan yang sederhana. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan saat ingin menanam sayuran dengan metode hidroponik, seperti yang dilansir dari Instagram Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (7/7/2020):

Baca Juga: Bangga, 12 Ton Lidi Nipah Asal Babel 'Mejeng' di Nepal

1.Nutrisi yang cukup untuk tumbuhan

Tanaman hidroponik memerlukan kandungan nutrisi yang cukup layaknya tanaman lainnya. Seperti nutrisi yang terkandung pada pupuk. Air yang digunakan juga dapat ditambahkan dengan beberapa kandungan vitamin, atau menggunakan beberapa kandungan vitamin alami seperti air rendaman beras, olahan kencing kelinci bahkan rendaman kulit buah atau sayuran.

2. Angin

Tidak hanya dibutuhkan manusia, angin juga diperlukan untuk penanaman hidroponik. Karena angin yang membawa oksigen dapat membantu tumbuhan dapat bertumbuh maksimal.

Baca Juga: Penjual Mobil Bekas Terancam Bangkrut Gara-Gara Covid-19

3. Sinar matahari

Berikan ruang untuk tanaman hidroponik mendapatkan celah sinar matahari. Sinar matahari membantu tanaman untuk melakukan fotosintesis dan sekaligus menjadi sumber energi untuk tumbuhan. Jika tidak memiliki cukup ruangan, lampu grow light atau lampu sinar matahari juga dapat dipergunakan sebagai opsi lainnya.

4. Media tanam

Tips yang terakhir adalah beragam peralatan yang dibutuhkan, dapat didapatkan dari sejumlah toko online. Atau berkreasi dengan diri sendiri, salah satunya menggunakan botol bekas, cutter, gunting, kain flannel, solder atau paku dan yang terpenting adalah air bernutrisi dan pupuk.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini