Kuatkan Ekonomi Digital di India, Google Guyur Investasi Rp144 Triliun

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 320 2246105 kuatkan-ekonomi-digital-di-india-google-guyur-investasi-rp144-triliun-QQ1T62pUqp.jpg Google (reuters)

JAKARTA - Perusahaan internet raksasa dunia Google akan merencanakan investasi sebesar USD10 miliar atau setara Rp144,05 triliun (Rp14.405 per USD) untuk India selama beberapa tahun ke depan. Hal ini sebagai bagian dari rencana pembangunan jaringan internet yang terjangkau dan bermanfaat bagi miliaran orang.

Chief Executive Officer (CEO) Google, Sundar Pichai mengumumkan hal tersebut pada acara tahunan Google yang berlangsung di India. "Ini adalah cerminan kepercayaan kami terhadap masa depan India dan ekonomi digitalnya," papar Sundar seperti yang dikutip dari CNN Business, Selasa, Jakarta (14/7/2020).

 Baca juga: Konten Mulai Menghasilkan? Kenali Cara Kerja Iklan di Youtube

Menurut Sundar, perkembangan internet di negara tersebut masih jauh dari kata selesai. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan agar internet terjangkau dan bermanfaat bagi satu miliar orang yang ada di India.

Hal tersebut dimulai dari meningkatkan input suara, komputasi bahasa India hingga inspirasi mendukung sejumlah wirausaha generasi baru. Google melalui India Digitization Fund akan mengutarakan uang ke sektor teknologi India selama lima hingga tujuh tahun ke depan melalui campuran investasi ekuitas, kemitraan dan pengeluaran infrastruktur.

 Baca juga: Tak Pengaruh Covid-19, Kapitalisasi Pasar 4 Raksasa Digital Tembus USD1 Triliun

Harapan besar dari adanya investasi ini agar dapat bekerja sama dengan Perdana Menteri Modi dan Pemerintah India serta sejumlah bisnis di India untuk mewujudkan visi bersama untuk Digital media. Tujuan lainnya adalah memastikan bahwa India tidak hanya mendapat manfaat gelombang inovasi tapi dapat memimpinnya.

Selama ini, India merupakan pasar internet paling cepat walaupun kehadirannya justru diabaikan, dengan total hampir 700 juta pengguna internet dan masih banyak yang belum pernah online untuk pertama kalinya.

 Baca juga: Orang Terkaya India Dikasih Rp21 Triliun dari Arab Saudi Saingi Google Cs

Angka-angka ini menunjukkan masih ada potensi besar untuk pertumbuhan. Rencana Google, dan kegiatan penggalangan dana baru-baru ini oleh pengusaha India Mukesh Ambani, menunjukkan investor siap untuk berkomitmen lebih banyak lagi.

Pichai juga memuji "visi untuk Digital India," yaitu strategi pemerintah untuk meningkatkan ekonomi digital. "Saya sangat senang bahwa Google mengakui kekuatan besar dari pemberdayaan digital India, inovasi digital India dan kebutuhan untuk menciptakan peluang lebih lanjut," kata Ravi Shankar Prasad, seorang menteri kabinet senior.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini