7 Cara Mematangkan Konsep Sebelum Memulai Usaha

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 320 2247355 7-cara-mematangkan-konsep-sebelum-memulai-usaha-0ulIBqEXij.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menjalankan usaha tidak boleh setengah-setengah jika tidak mau usaha yang dijalankan gagal atau berhenti di tengah jalan. Salah satu cara agar bisnis tidak gagal adalah harus mempunyai strategi yang baik agar usaha jalan sebagai mana mestinya.

Banyak orang menjalankan usaha dan merencanakan berbagai aspeknya secara asal-asalan. Kebanyakan dari mereka menggabungkan dana pribadi dengan dana usaha. Padahal, keduanya tidak boleh disatukan.

Untuk mengatasi segala permasalahan dalam usaha, pelaku usaha dituntut agar mempunyai strategi usaha nya masing-masing secara matang. Seperti yang dilansir dari buku Usaha Camilan Modal <1 Juta Balik Modal 1 Bulan Karya Adib Ihsan, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Di bawah ini akan dijelaskan tujuh strategi matang menjalankan bisnis:

Baca juga: 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

1. Pahami tren

Dunia bisnis tidak mungkin dilepaskan dari tren pasar. Sebagai pemilik usaha, tentunya harus jeli mengamati perkembangan minat konsumen. Atau dapat bergabung dengan komunitas lain yang terkait dengan bisnis yang dijalankan. Perbanyak membaca majalah dan surat kabar untuk mendapatkan ide pengembangan produk.

2. Buat rencana keuangan

Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, buat target jangka panjang dan pendek juga bisa. Perhitungkan denagn matang, mengenai modal, pendapatan dan pengeluaran. Setelah beberapa bulan menjalankan usaha, buat evaluasi serta rencana usaha ke depannya. Ingat, jangan campurkan dengan rencana keuangan pribadi.

Baca juga: Mau Buka Usaha Studio Foto? Begini Hitungan Untung Ruginya

3. Cashflow

Hal ini bisa diartikan sebagai sejumlah uang kas yang keluar dan masuk sebagai aktivitas perusahaan. Sebagai pemilik usaha, harus bisa memperkirakan aliran uang tunai paling tidak untuk tiga bulan ke depan. Jangan membuat anggaran pengeluaran lebih besar dari itu.

4. Bentuk tim penasihat

Bentuk dewan penasihat atau cari tenaga ahli untuk memberi masukan ide, saran, atau kritik terhadap produk yang ditawarkan. Bisa berupa teman atau anggota keluarga yang dipercaya.

5. Networking

Mencari kenalan bisa dari berbagai saluran. Bisa bergaul dengan orang-orang yang berhubungan atau bisa mendukung bisnis yang dijalankan. Siapa tahu, dari perkenalan itu bisa menghasilkan ide bisnis dan pengetahuan akan bisnis lebih jauh.

Baca Juga: Hobi Masak, Mahasiswi Raup Untung Besar dari Jualan Pisang Peppe

6. Disiplin/ Motivasi

Aspek terberat dalam menjalankan bisnis adalah disiplin atau motivasi untuk bekerja secara teratur. Hal tersebut dapat diataskan dengan membuat daftar pekerjaan untuk esok hari dan tentukan target yang harus dicapai dalam minggu ini.

7. Analisa pasar

Rajin-rajin lah untuk melakukan analisa serta evaluasi terhadap pasar, produk dan sistem pemasaran. Kalau perlu,ubah cara kerja agar lebih efisien. Perbaiki cara pemasaran atau kualitas produk.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini