Sulap Lahan Terbatas Jadi Area Terbuka Hijau di Rumah Sempit

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 470 2247802 sulap-lahan-terbatas-jadi-area-terbuka-hijau-di-rumah-sempit-Qd52NSNzFU.jpg Taman (Foto: Instagram @nikenuniverse)

JAKARTA - Adanya taman di rumah bisa menambah betah penghuni rumah tersebut untuk menghabiskan waktu di rumah. Karena, taman juga bermanfaat sebagai healing space di rumah.

Selain itu, taman merupakan unsur dari ruangan terbuka di rumah yang dapat memberikan kesan indah bagi rumah tersebut. Tapi, tidak perlu khawatir akan keterbatasan lahan di rumah.

Pasalnya, kalian tetap dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk disulap menjadi area hijau. Seperti yang dilansir dari laman Instagram @nikenuniverse, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Kali ini Niken memberikan trik membuat area hijau di lahan terbatas.

Baca juga: 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

1. Memanfaatkan plafon

Cara pertama adalah dapat menggunakan plafon. Plafon adalah Langit-langit atau permukaan interior atas yang berhubungan dengan bagian atas sebuah ruangan. Pemanfaatan plafon ini dapat digunakan dengan penanaman sulur-sulur yang berfungsi juga sebagai tirai alami.

2. Vertical garden

Sejumlah dinding kosong yang tidak terpakai juga bisa dimanfaatkan. Caranya dengan menempelkan rak yang dapat dipergunakan sebagai tempat tanaman.

taman

(foto: Instagram @nikenunivers)

3. Teras atau balkon

Teras atau balkon rumah yang kosong bisa dipercantik menggunakan rak berisi koleksi tanaman. Atau, bisa menggunakan tanaman dalam pot yang berukuran kecil hingga besar.

4. Pilih tanaman rambat

Tanaman rambat seperti vertical garden bisa menghijaukan lahan terbatas dengan maksimal. Dan,tentunya akan mempercantik tampilan.

5. Menggantungkan pada plafon atau pohon

Tanaman yang dapat digantung atau dibiarkan merambat pada pohon atau sandaran. Bisa ditambahkan dengan penerangan saat malam hari, agar suasana malam semakin nyaman dan indah.

6. Satukan di satu wadah atau pot besar

Tanaman bisa disatukan dalam satu pot atau wadah besar, hal ini juga dapat menghemat penggunaan pot. Bisa diletakkan berdekatan dengan pohon atau plafon yang ditata dengan tanaman tadi.

7. Gunakan rumput sintetis

Kalian tentunya bisa menyulap teras atau balkon dengan tambahan rumput sintetis. Hal ini bisa membuat balkon atau teras menjadi area hijau di tengah keterbatasan lahan.

taman

(Foto: Instagram @nikenuniverse)

8. Buat jadi multifungsi

Optimalkan satu area untuk jadi halaman atau teras bahkan pojokan untuk bersantai sekedar mengobrol atau tempat untuk membaca buku sembari ngopi dengan teman atau seorang diri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini