Cerita Awal Mula dari Ditemukan Mesin Cetak hingga Revolusi Industri

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 320 2249847 cerita-awal-mula-dari-ditemukan-mesin-cetak-hingga-revolusi-industri-WD363LJOCg.jpg Ekonomi RI (Shutterstock)

JAKARTA - Peristiwa bersejarah menjadi patokan pada setiap hal yang terjadi sekarang. Selain itu, peristiwa sejarah juga selalu memiliki pengaruh terhadap dunia bahkan pada setiap pergantian zaman hingga periode modern.

Hal ini menunjukkan bahwa masa lalu menjadi pembelajaran penting dalam segala aspek. Sejarah juga turut membentuk bagaimana pola hidup saat ini berjalan. Bagaimana cara memahami sejarah merupakan bentuk cara untuk memandang dunia di masa sekarang.

 Baca juga: BI: Semua Negara Bisa Resesi

Selain berpengaruh terhadap dunia pada umumnya, peristiwa sejarah juga tentunya berpengaruh terhadap sejarah bangsa Indonesia. Dikutip dari Koran Sindo, Jakarta, Selasa (21/7/2020), berikut ini deretan peristiwa yang berpengaruh dalam sejarah dunia:

Penemuan Mesik Cetak Gutenberg (1440)

Mesin cetak mungkin menjadi pertemuan paling penting selama 2.000 tahun terakhir. Penemu asal Jerman, Johannes Gutenberg, memperkenalkan mesin cetak ke Eropa, merevolusi literasi dan bertindak sebagai katalis untuk penyebaran pengetahuan di seluruh dunia.

 Baca juga: Ramalan IMF: Hampir Seluruh Negara Ekonomi Minus tapi China Tumbuh 1%

Renaisans (Abad 14-17 M)

Tokoh-tokoh seperti Leonardo Da Vinci, Michelangelo, dan Raphael adalah contoh kecil dari seberapa besar kontribusi Renaisans terhadap dunia.

Salah satu periode sejarah dunia yang paling kaya akan budaya dan arsitektur ini menandai transisi akhir dari Abad Pertengahan ke periode modern.

Jatuhnya Konstantinopel (1453)
Peristiwa ini terjadi setelah pengepungan 53 hari oleh Sultan Mehmed II dari Ottoman yang masih berusia 21 tahun. Konstantinopel bukanlah sembarang kota; itu adalah kota terkemuka di dunia dan telah menjadi ibu kota Kekaisaran Romawi Timur selama enam belas abad.

Revolusi Medis (Abad 19-20 M)

Beberapa abad yang lalu masih banyak anggapan bahwa penyakit disebabkan oleh roh jahat atau sebagai hukuman ilahi bagi orang yang berdosa.

Hasil kerja ilmuwan Louis Pasteur tentang bakteri penyebab penyakit berhasil menyembuhkan banyak penyakit menular pada abad ke-19.

Revolusi Industri dan Teknologi (1760-1914)

Revolusi industri seringkali digambarkan dengan industri mesin skala besar, ledakan penemuan baru, dan awal dari zaman modern. Revolusi industri pertama kali dimula pada tahun 1760 di Britania Raya.

Kolonialisme (Abad 16-20 M)

Efek historik dari periode kolonial membekas selama berabad-abad, dengan melintasi semua benua di dunia. Sejak abad ke-16, beberapa negara besar Eropa mendirikan koloni di benua Afrika, Asia, dan Amerika. Spanyol dan Portugis adalah "Kaisar Kolonial" pertama, yang diikuti oleh Inggris, Perancis, Belanda, Rusia, dan akhirnya oleh Belgia, Jerman, dan Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini