Ekonomi RI Kuartal IV-2020 Bisa Tumbuh di Atas 3%, Jika....

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 320 2251621 ekonomi-ri-kuartal-iv-2020-bisa-tumbuh-di-atas-3-jika-5NdYOBaR0x.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah optimis Indonesia memiliki peluang untuk tidak terjerumus ke jurang resesi ekonomi tahun ini. Disebutkan pula bahwa potensi resesi diperkirakan tidak terlalu dalam.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2020 berada di kisaran 2-3%. Sedangkan pada kuartal II ini diperkirakan kuat minus 4,3% .

 Baca juga: Sri Mulyani Sebut Ekonomi RI Kuartal III-2020 Tumbuh 1% tapi Tak Mudah

"Kuartal IV harapannya kita bisa tumbuh di atas 2%, mungkin di atas 3%," kata dia dalam sebuah webinar,di Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Kata dia, capaian tersebut dapat diraih dengan catatan tidak terjadi gelombang kedua (second wave) virus Corona.

Baca juga:  Sri Mulyani Tancap Gas Pulihkan Ekonomi tapi Bisa Ngerem Dadakan

"Sekali lagi ini memang membutuhkan disiplin yang kuat dari kita semua dan masyarakat. Jangan sampai pada saat pemulihan ekonomi yang sudah mulai membaik terjadi second wave. Itu yang benar-benar harus kita hindari,"katanya

Dia mengungkapkan pada Juni lalu sudah terlihat tanda-tanda perbaikan ekonomi. Pihaknya pun sedang mendorong agar perekonomian ke depan, khususnya di kuartal III bisa tumbuh lebih solid. Sebab itu menjadi titik penentuan.

"Q3 kita sedang usahakan dorong semua sektor, dorong semua program pemulihan ekonomi nasional, secepat-cepatnya agar Q3-nya tidak negatif. Mudah-mudahan bisa sedikit di atas 0. Kalau bisa kita lakukan momentum itu kemudian bisa terus dilanjutkan sampai kuartal IV," tandasnya.

(rzy.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini