Uang Elektronik Geser Popularitas Kartu ATM dan Kredit

Michelle Natalia, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 320 2251968 uang-elektronik-geser-popularitas-kartu-atm-dan-kredit-m0KvyOwtXi.jpg Uang Elektronik

JAKARTA - Pandemi virus corona membuat banyak perubahan dari berbagai sektor. Salah satunya perbankan yang mempercepat adaptasi teknologi digital dan contact less payment.

Baca Juga: Transaksi Elektronik Capai Rp17 Triliun di Era Covid, BI: Growth Mode 

Direktur IT PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rico Usthavia Frans mengatakan, transaksi digital seperti pembayaran menggunakan ATM atau debit card saat ini cenderung datar, begitu juga dengan kredit. Saat ini, keduanya sudah tersalip oleh uang elektronik yang dikelola nonbank.

"(Tersalip) bukan dari perbankan tapi nonbank sejak 2018. Kalau perbankan banyak fokus di e-money," kata Rico di Jakarta, Sabtu (25/7/2020)

Baca Juga: Cara Aman Gunakan Uang Elektronik, Perlakukan Selayaknya Tunai!

Senada yang sama, Direktur Digital dan Teknologi Informasi (TI) BRI Indra Utoyo mengatakan, untuk meningkatkan transaksi digital ini diperlukan kolaborasi masif dengan berbagai instrumen dan platform.

"Online banking luar biasa. Indonesia cukup tinggi. Ini tantangan bagi IT untuk menyiapkan reability supaya kostumer tetap bisa nyaman," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini