Bos OJK: Bank BUMN Telah Salurkan Pinjaman Rp32,2 Triliun

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 320 2252674 bos-ojk-bank-bumn-telah-salurkan-pinjaman-rp32-2-triliun-Olk0NJA7Wy.jpg Ketua OJK Wimboh Santoso (Okezone)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat Bank BUMN telah menyampaikan rencana penyaluran pinjaman mereka dengan nilai Rp111,8 triliun (3,73 kali). Hal ini untuk pinjaman produktif, sektor padat karya, ketahanan pangan, dan pinjaman lainnya di sektor perumahan.

Ketua OJK Wimboh Santoso mengatakan data terakhir yang dilaporkan Bank BUMN ke kami saat ini penyalurannya telah mencapai Rp32,2 triliun.

 Baca juga: Sri Mulyani Guyur Rp11,5 Triliun ke BPD, Ini Rinciannya

"Kami menyambut baik rencana Pemerintah yang selanjutnya akan juga memperluas penempatan likuiditasnya ke Bank BUKU 4 dan BUKU 3 lainnya, termasuk ke BPD yang kita saksikan hari ini," kata Wimboh Santoso di Jakarta, Senin (27/7/2020)

Dia melanjutkan beberapa peran OJK dalam mendukung skema Penempatan Dana Pemerintah ini diantaranya dengan mengirimkan informasi tentang calon bank yang dapat menerima penempatan yang termasuk tingkat kesehatan, struktur kepemilikan saham, bentuk badan hukum, dan informasi kondisi bank lainnya.

 Baca juga: BI Percepat Proses Pinjaman bagi Bank Kesulitan Likuiditas

Selain itu, OJK juga akan mengawasi implementasinya melalui pos-audit.

" OJK akan memastikan bahwa Bank yang menerima penempatan dana memiliki kemampuan untuk melaksanakan kebijakan stimulus dan memperluas penyaluran pinjamannya seperti yang dipersyaratkan oleh Pemerintah," katanya.

(rzy.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini