Anak 'Emas', Industri Tekstil hingga Pariwisata Dapat Jaminan Kredit 80%

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 320 2253827 anak-emas-industri-tekstil-hingga-pariwisata-dapat-jaminan-kredit-80-oT17buu17C.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk memberikan penjaminan kepada korporasi padat karya dilakukan melalui penyediaan fasilitas penjaminan sehingga perbankan dapat menambah exposure kredit modal kerja kepada pelaku usaha.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pemberian penjamin kredit ini bakal menjadi sektor prioritas sendiri seperti industri pariwisata, automotif, tekstil dan produk tekstil, garmen, alas kaki, elektronik, kayu olahan, furniture, produk kertas, dan sektor padat karya lainnya.

" Hal ini bertujuan untuk menunjang kebutuhan korporasi padat karya atas tambahan kredit modal kerja agar dapat kembali melakukan aktivitas secara maksimal selama masa pandemi," kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga: Daftar 15 Bank Dapat Jaminan Kredit Korporasi Rp100 Triliun 

Dia menjelaskan pemerintah akan menjamin hingga 80% pinjaman yang diajukan korporasi yang menjadi sektor prioritas. Sedangkan, untuk korporasi lainnya pemerintah hanya menjamin 60% dari total pengajuan kredit.

"Untuk penjaminan porsi kredit yang dijamin pemerintah adalah 60% dan 40% dari perbankan. Namun untuk sektor yang jadi prioritas pemerintah jamin lebih besar, yaitu 80% oleh pemerintah dan 20% oleh perbankan,"katanya.

Baca Juga: Modal Kerja Rp100 Triliun Mengalir ke Korporasi, Ini Penjelasan Menko Airlangga 

Dia menambahkan perusahaan juga wajib memberikan dokumen rencana penggunaan kredit yang diajukan akan digunakan untuk apa saja.

"Wajib ada dokumen rencana penggunaan anggaran, entah untuk survivability atau untuk daya tahan perusahaan maupun ekspansi," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini