Sektor Perumahan Jadi Korban Corona, Wamenkeu Minta BTN-SMF Kompak

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 470 2254106 sektor-perumahan-jadi-korban-corona-wamenkeu-minta-btn-smf-kompak-XVDpQ0wmzZ.jpg KPR (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengimbau kepada perusahaan pembiayaan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan PT Bank BTN (Persero) untuk saling bersinergi pulihkan sektor perumahan di Indonesia. Sebab, tak dapat dipungkiri akibat pandemi virus corona atau Covid-19 melanda Tanah Air, sektor tersebut mengalami kelesuan.

"Kami mendorong semuanya untuk melakukan analisis yang mendalam dan bersinergi. Tentu dengan perbankan seperti BTN, memikirkan terobosan dan instrumen baru yang dapat digunakan," kata Suahasil dalam diskusi virtual, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga: Bansos Baru, UMKM Akan Dapat Duit Rp2,4 Juta dan Korban PHK Rp2 Juta 

Dia menjelaskan, BTN termasuk lembaga perbankan yang mendapat suntikan dana dari pemerintah untuk menyalurkan kredit sebesar Rp 5 triliun.

"BTN termasuk yang mendapatkan penempatan dana tersebut. Saya sudah melihat adanya peningkatan kredit rumah yang diberikan oleh BTN. kami akan memantau dan ingin melihat bahwa bisa ditingkatkan penggunaan dana tersebut dan meningkatkan dorongan-dorongan demand dari sektor perumahan," ujarnya.

Baca Juga: Angin Segar, Sri Muyani Bakal Subsidi Bunga KPR Tipe 70 

KPR

Dia mengingatkan PT SMF untuk terus dapat memenuhi kebutuhan rumah masyarakat Indonesia. Diketahui, sebelum pandemi berlangsung tercatat defisit atau backlog perumahan sebanyak 11 juta.

"Kami minta untuk PT SMF bekerja keras supaya bisa memenuhi kebutuhan perumahan bagi seluruh masyarakat. Sebelum pandemi ada 11 juta rumah backlog," ujarnya.

Menurut dia, pertumbuhan di sektor perumahan itu akan meningkatkan perekonomian di Indonesia. "Sektor perumahan adalah sektor penting. Sektor itu bisa menarik kontruksi, tenaga kerja, semen, pertambangan dan lain. Kita memikirkan dan menitipkan pada PT SMF untuk memikirkan terobosan-terobosan baru," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini