5 Cara Mulai Kelola Gaji agar Hidup Lebih Sejahtera dan Tenang

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 320 2255969 5-cara-mulai-kelola-gaji-agar-hidup-lebih-sejahtera-dan-tenang-GtCAHZjbbI.jpg Tips Mengelola Keuangan untuk Milenial. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Mengatur keuangan itu sangat diperlukan, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Kondisi yang tidak pasti membuat semua orang harus merencanakan keuangan dengan tepat dan benar untuk menunjang hidup lebih baik ke depannya.

Biasanya orang yang baru mau merencanakan keuangan masih bingung bagaimana caranya. Timbul pertanyaan, bagaimana mulai mengatur keuangan? Seperti apa pembagian gaji? Dan sebesar apa porsi untuk masing-masing keperluannya?

Pertanyaan-pertanyaan itu menjadi pengganja sehingga pengelolaan keuangan pun belum dilakukan hingga saat ini.

Baca Juga: Tak Selalu Jahat, Berikut 5 Kriteria Utang yang Baik!

Menurut Perencana Keuangan Prita Ghozie, ilmu financial planning cakupannya sangat luas. Tapi inti dari pengelolaan keuangan itu adalah mencapai hidup sejahtera, hidup tenang dan merasa cukup.

Dirinya pun memiliki 5 hal yang bisa menjadi fokus untuk belajar mengelola keuangan. Di mana 5 hal tersebut sudah direncanakan saat usia 20-an. Pertama, financial Check Up

"Tidak hanya kesehatan badan yang harus check up lho, tapi kesehatan keuangan juga penting. Setidaknya dilakukan satu kali dalam setahun. Meskipun indikatornya banyak, tapi bisa dikosentrasikan kepada rasio likuiditas, menabung dan kemampuan bayar cicilan pinjaman," ujarnya, dikutip dari Instagram @pritaghozie, Senin (3/8/2020).

Baca Juga: Kaum Milenial Harus Bisa Investasi hingga Siapkan Dana Pensiun, Begini Pertimbangannya!

Kedua, atur anggaran bulanan dan tahunan. Menurut Prita, prinsip semua sumber penghasilan itu sebaiknya diatur alokasinya dalam bentuk anggaran. Untuk pemula Prita memberikan saran simple berupa, living 50% ,saving 30% dan playing 20%.

"Untuk anggaran tahunan, #temanPrita buat juga ya misalnya untuk alokasi bayar kewajiban pajak, zakat mal tahunan, kurban dan lainnya." tulis Prita.

Ketiga, tentukan tujuan keuangan. Point ini menjadi salah satu yang terpenting, pasalnya akan membuat kalian terarah untuk mengelola uang yang diperoleh.

"Tujuan keuangan yang Prita prioritaskan adalah dana darurat, dana beli rumah tinggal, pendidikan anak, dana liburan dan naik haji serta dana pensiun," tuturnya.

Keempat, memilih strategi perencanaan keuangan. Cara untuk mencapai tujuan ternyata punya banyak strategi, bisa dengan menabung, investasi, bahkan kalau memang sangat diperlukan bisa menggunakan bantuan pinjaman.

Kelima, evaluasi. Prita yang merupakan financial consultant mengaku sudah banyak menghadapi masalah keuangan. Seperti, orang yang bersemangat di awal perencanaan, tapi semakin mundur dalam pelaksanaannya.

Bahkan, karena mengharapkan hasil instan, hampir jarang yang mau meluangkan sedikit waktu untuk evaluasi.

"Padahal, naik ojek online atau jajan online saja mau untuk spend beberapa detik untuk kasih bintang, kenapa gak mau spend beberapa jam untuk kasih bintang ke financial plan hidup mu sendiri?" papar Prita.

Tujuan utamanya adalah mencapai hidup yang sejahtera, bikin hidup kamu tenang serta merasa cukup dan bukan “sekejap” bikin kamu jadi auto tajir alias jadi milyuner dadakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini