7 Cara Promosi Barang Agar Laku Terjual

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 320 2256014 7-cara-promosi-barang-agar-laku-terjual-SC36woRTU2.jpg Cara Promosi Produk supaya Laku Terjual. (Foto: Okezone.com/Themobileindian)

JAKARTA - Promosi menjadi salah satu cara paling efektif untuk memasarkan produk. Bisa melalui pameran, kontes bahkan disampaikan dalam sosial media atau internet.

Misalnya dalam bisnis tanaman, promosi yang biasanya dilakukan melalui pameran atau kontes tanaman hias. Cara tersebut ternyata efektif untuk memasarkan tanaman yang ditawarkan.

Untuk itu, masih ada beberapa model promosi menarik yang bisa dilakukan para pengusaha. Mengutip dari buku Kaya dari Bisnis Tanaman Hias karya Redaksi Agromedia, Jakarta, Senin (3/8/2020), berikut caranya:  

1. Pameran

Cara yang paling efektif, apalgi mengikut sertakan tanaman hias dalam sejumlah pameran-pameran tanaman hias yang saat ini marak digelar. Selain ajang promosi, ketika mengikut pameran sebaiknya membawa pula tanaman-tanama yang kualitasnya di atas rata-rata. Agar tanaman cepat laku dan membentuk citra baik pada konsumen.

Baca Juga: Mau Jualan Online di Medsos, Nomor Satu Itu Konsisten

2. Kontes

Kontes membentuk image dikalangan pemain dan konsumen dalam menampilkan barang unggulan. Sebelum ikut kontes, persiapkan terebih dahulu tanaman yang memiliki potensi akan menang dalam kontes.

Nilai plusnya adalah jika menang kontes tersebut harga jual barang akan meningkat dan pamor dalam dunia tanaman hias akan semakin dikenal.

3. Memasang iklan

Sama hal dengan penjualan produk lainnya, pemasangan iklan juga bisa. Walaupun, relatif biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan iklan cenderung lebih besar, karena langsung menuju sasaran.

Baca Juga: 'Cuci Gudang' Bisa Bikin Isi Dompet Menebal, Begini Caranya

Pilih media yang benar-benar terpercaya dan memiliki jumlah pembaca yang banyak. Bisa melalui koran,majalah, atau radio sekaligus.

4. Mouth to mouth

Promosi ini merupakan cara sederhana dan murah karena tidak membutuhkan biaya dan tenaga. Cara ini dinilai efektif saat menjual barang berkualitas disertai pelayanan yang baik. Dengan demikian, konsumen akan merasa puas, lalu akan merekomendasikan ke orang lain.

5. Internet

Internet menjadi bagian promosi yang cukup jitu untuk pebisnis tanaman. Sejumlah pelaku usaha di bidang ini sudah memasarkan tanamanya melalui internet, dengan menawarkan berbagai tanaman,diskon dan macam-macam fasilitas lainnya. Dengan demikian, bukan kalian yang akan mencari pembeli, namun pembeli yang akan mencari kalian.

6. Promosi Khusus

Teknik ini bisa dilakukan dengan menjual tanaman kepada orang yang cukup terkenal. Misal sekelas gubernur atau menteri. Mereka akan menilai barang yang dijual berkualitas, karena orang-orang sekelas menteri tidak akan sembarangan membeli. Atau dengan memberikan pelayanan tambahan kepada konsumen.

7. Menjalin Relasi

Relasi menjadi salah satu faktor penting dari bisnis. Promosi sehebat apapun tidak akan berarti jika tidak ada relasi yang kuat. Relasi dalam pebisnis tanaman hias bisa didapatkan dalam mengikuti persatuan atau organisasi tanaman hias.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini