5 Alasan Kenapa Dirikan Usaha, Jangan Ikut-ikutan Tren

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 320 2256717 5-alasan-kenapa-dirikan-usaha-jangan-ikut-ikutan-tren-fWWrkKsZfV.jpg Landasan yang Harus Diketahui Dalam Memulai Usaha. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pelaku usaha banyak yang manjalankan bisnis karena mengikuti tren semata. Padahal cara tersebut salah besar, karena tren bisnis tidak sama dengan halnya tren mode dan sebagainya.

Merintis usaha harus dengan niat dari hati, supaya hasilnya lebih baik. Jadi jangan pikir dengan mengikuti tren usaha ini akan diminati dan menguntungkan.

Baca Juga: Tanam Jagung di Lahan Tidur untuk Bayar Uang Kuliah

Seperti yang dikutip dari buku Mulai Usaha Dari Nol karya Jackie Ambadar, Miranty Abidin & Yanty Isa, Jakarta, Selasa (4/8/2020), berikut pedoman yang bisa dijadikan landasan dasar untuk berbisnis.

1. Melatih diri untuk cermat mencari peluang usaha

Pegusaha sukses berasal dari kemampuannya mengantisipasi atau menangkap peluang usaha yang ada di depan. Selain itu, dipengaruhi pula dengan usahanya dalam mencari cara pengembangan bisnis sebagai strategi untuk menguasai pasar.

2. Melatih pikiran untuk mendapatkan ide

Sumber ide bisa diperoleh dari lingkungan pekerjaan, hobi atau munculnya kesempatan melalui suatu pertemuan tidak terduga atau perjalanan hidup sehari-hari. Ide harus dikejar, memang gagasan atau ide bisa datang kapan saja, karena itu waspadalah sewaktu-waktu muncul gagasan secara tak terduga.

Baca Juga: 7 Cara Promosi Barang Agar Laku Terjual

3. Rajin mengikuti perkembangan sekeliling

Contoh yang diambil dalam buku ini adalah pasokan bunga hidup di suatu desa sudah mulai berkurang, tidak ada salahnya anda menciptakan produk bunga plastik sebagai komoditi baru.Latih kejelian kalian ya, sebagi pengusaha bisa memanfaatkan naluri bisnis lho.

4. Mengantisipasi kebutuhan pasar

Tentunya harus bisa mengikuti perkembangan dunia dalam hal produk, jasa atau usaha. Sehingga bisa jadi kalian menjadi orang pertama dalam usaha tersebut.

5. Yakin bahwa usaha kalian adalah yang terbaik

Kuncinya adalah percaya diri. Banyak memang pesaing dengan usaha yang sama, tapi usahakan untuk memikirkan sesautu yang spesial dan tidak ada pada produk orang lain, sehingga produk yang kalian tawarkan berbeda dari yang lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini