Bangun Usaha di Kebiasaan Baru, Begini 4 Caranya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 320 2256719 bangun-usaha-di-kebiasaan-baru-begini-4-caranya-z7tJzmbkrS.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA - Banyak sektor usaha yang merasakan dampak dari adanya Pandemi Covid-19, mulai dari PHK massal hingga hilangnya pendapatan dan penghasilan. Pukulan dari Pandemi ini sangat berdampak besar dalam sektor kehidupan dan perekonomian masyarakat.

Namun, dikondisi seperti inilah peluang usaha justru datang, mulai dari inovasi berbisnis dari rumah atau bisnis secara online. Sejumlah pelaku usaha mulai mencoba berinovasi dengan beragam bisnis yang dilakukan.

 Baca juga: 5 Alasan Kenapa Dirikan Usaha, Jangan Ikut-ikutan Tren

Tapi untuk berinovasi berbisnis saat masa adaptasi harus dengan beragam strategi dan juga tips. Kali ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Laman Instagramnya @kemenparekraf.ri, Selasa (4/8/2020) membagikan tips berinovasi dalam bisnis saat adaptasi dengan kebiasaan baru.

1. Memilih layanan atau produk dengan permintaan pasar tinggi

Tentukan produk yang sedang digemari di pasaran atau produk yang mempunyai permintaan dari pasar yang tinggi. Jangan sampai salah menentukkan produk ya.

 Baca juga: 5 Kiat Usaha Aksesoris Anak-Anak, Perhatikan Harganya!

2. Tentukan segmen pembeli dengan peluang besar

Menentukan target sangat diperlukan dalam sektor usaha atau perdagangan. Pasalnya, jika salah menentukan target bisa jadi produk yang ditawarkan menjadi tidak laku. Target segmen pembeli diusahakan yang mempunyai peluang besar.

3. Pastikan chanel bisnis (Medsos dan E-Commerce) sesuai dengan pasar dan segmen yang dituju

Saat ini sejumlah pelaku usaha sudah menggunakan platform media sosial dan jejaring internet untuk memasarkan produk. Target sasaran juga bisa dicari dan didapat dari Medsos, mengingat pesatnya penggunaan Medsos saat ini. Pastikan segmen dan target pula.

4. Buat konten menarik mengenai layanan atau produk yang dipasarkan

Untuk menarik perhatian dan minat para pembeli, buat konten yang menarik mengenai layanan dan produk yang dipasarkan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini