Sri Mulyani Sebut Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Baru 21,9%

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 20 2259907 sri-mulyani-sebut-realisasi-anggaran-pemulihan-ekonomi-baru-21-9-JdjOBPaB2d.jpg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai 21,9%. Hingga minggu pertama Agustus 2020, realisasi program PEN baru mencapai Rp151,25 triliun atau setara 21,9% dari pagu anggaran PEN Rp695,2 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani merincikan, angka serapan itu terdiri dari perlindungan sosial yang masih paling besar yakni Rp95,5 triliun. Kemudian dukungan UMKM Rp32,5 triliun, kesehatan baru Rp7,1 triliun, sektor K/L dan pemda Rp8,6 triliun, serta insentif dunia usaha Rp16,6 triliun.

 Baca juga: Emak-Emak dan Korban PHK Dapat Pinjaman Bunga 0%

"Kita lihat akselerasi sudah mulai meningkat dan kita minta supaya makin efisien,"ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (10/8/2020).

Kata dia, untuk jumlah penerima manfaat bantuan sosial sudah sangat ebsar dari populasi penduduk indonesia. Serta juga memberikan ke dunia usaha – dari insentif perpajakan, subsidi bunga, penempatan dana murah uuntuk restrukturisasi dan meluncurkan kembali kredit modal kerja untuk Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan industri padat karya.

 Baca juga: Ekonomi Indonesia Diprediksi Tak Resesi di Kuartal III, Berikut Alasannya

"Kita berikan pembiayaan investasi ke koperasi melalui penjaminan kredit korporasi terutama padat karya dan juga ada PMN dan pemberian pinjaman atau talangan BUMN," jelasnya.

Dia menambahkan pemerintah akan terus memantau seluruh program yang ada di dalam PEN. Jika ada yang mengalami hambatan akan segera diubah desainnya.

"Pemerintah juga mendesain kalau dianggap adanya program sejak awal di desain tidak ada peningkatan pelaksanaan kita lakukan perubahan desain agar dampak bisa betul maksimal di dalam pemulihan ekonomi kita dan kita terus mempercepat proses birokrasinya," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini