Ekonomi Indonesia Minus 5,32%, Airlangga: Masih Lebih Baik dari Singapura

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 20 2260326 ekonomi-indonesia-minus-5-32-airlangga-masih-lebih-baik-dari-singapura-sMEXX1aXBs.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan perekonomian Indonesia masih jauh lebih baik dari negara-negara lain, meski sudah terperosok ke minus 5,32%. Dia membandingkan dengan Inggris, Hongkong, Singapura, Turki, Brazil dan India yang menunjukkan tren negatif lebih parah jika dibandingkan dengan Indonesia.

“Indonesia jauh lebih baik dari negara-negara lain. Termasuk, Inggris sudah 2 kali resesi, Hong Kong, Singapura juga minus lebih dalam. Turki dan Brasil bahkan India,” kata Airlangga dalam dikusi virtual, Selasa (11/8/2020).

 Baca juga: Sri Mulyani Sebut Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Baru 21,9%

Dia menyebut, hasil pertumbuhan ekonomi pada kuartal-III 2020 menjadi penting untuk patokan perekonomian di Tanah Air. Oleh sebab itu, dirinya berharap adanya hasil yang positif dari beberapa stimulus kebijakan dari pemerintah.

“Jadi tentu kita harus melihat kuartal III jadi hal yang penting. Kita harap belanja pemerintah bisa mengungkit kuartal III-IV, sehingga, secara tahunan proyeksinya bisa positif,” ujarnya.

 Baca juga: Ini Cara agar Indonesia Tak Masuk Jurang Resesi

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, pihaknya mencatat ada beberapa sektor yang sudah menunjukkan perbaikan seperti Purchasing Manager's Index (PMI) Indonesia atau indeks manufaktur Indonesia berada di posisi 46,9. Kemudian, indeks keyakinan konsumen juga mengalami peningkatan atau sudah mencapai 83,8.

“Kita lihat dari sektor kendaraan bermotor juga ada kenaikan dari minus 82% ke minus 54%. Dari segi inflasi inti ini juga mencerminkan aggregat demand sudah mengalami peningkatan di bulan Juli. Sektor perdagangan internasional, ekspor meningkat menjadi USD12 miliar,” kata dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini