Hari Ini Diskon Besar-besaran, Ingat Harus Belanja Sesuai Kebutuhan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 320 2261801 hari-ini-diskon-besar-besaran-ingat-harus-belanja-sesuai-kebutuhan-3O9thgedC4.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Mulai hari ini Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) kembali menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang keempat kalinya. Event ini nantinya akan berlangsung mulai tanggal 14 Agustus hingga 30 Agustus 2020.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, sebelum membelanjakan uang yang dimiliki, hendaknya untuk memilah-milah terlebih dahulu. Karena meskipun pesta diskon, harus tetap membelanjakan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Ekonomi RI di Ambang Resesi, Investasi Apa yang Cuan?

Apalagi situasi saat ini sedang sulit akibat adanya pandemi virus corona. Belum lagi, Indonesia juga terancam akan mengalami resesi setelah pada kuartal II ekonominya mengalami minus 5,3%.

Selain itu, harus juga dilihat dari kemampuan setiap orangnya. Karena kemampuan keuangan masing-masing orang tidaklah sama.

Baca Juga: Bantuan Karyawan Rp600.000/Bulan Bisa Tingkatkan Konsumsi?

"Tergantung dari kebutuhan dan kondisi masing-masing. Artinya enggak bisa di sama ratakan kondisi setiap orang juga," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (14/8/2020).

Sebagai salah satu contohnya adalah ada salah seorang keluarga yang membutuhkan panci untuk memasak. Kebetulan panci yang dimiliki rusak dan sudah tidak layak pakai.

Kemudian, ketika pergi ke mal atau pusat perbelanjaan ditemukan diskon besar-besaran untuk produk panci. Jika situasinya seperti itu maka diperbolehkan untuk membelanjakan uangnya untuk membeli barang diskon.

"Contohnya misalnya ada rumah tangga pancinya sudah pada hancur nggak layak pakai kemudian mau beli baru kok mahal. Suatu ketika tanggal 14 melihat loh kok ada flash sale murah banget harganya 50% kalau saya bilang beli saja," jelasnya.

Justru menurut Andi, hal tersebut menjadi sebuah keputusan yang sangat baik. Karena membeli barang yang menjadi kebutuhan namun harganya sangatlah murah.

"Karena memang kebutuhannya menuntut dia untuk melakukan itu, apalagi ada barang diskon," kata Andi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini