Share

Realisasi Rendah, Subsidi Bunga KUR Diperpanjang hingga Akhir Tahun

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 320 2262168 realisasi-rendah-subsidi-bunga-kur-diperpanjang-hingga-akhir-tahun-QH6l5vTdhO.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah akan memperpanjang waktu pemberian tambahan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang hanya 0%. Pasalnya, perpanjangan ini hingga Desember.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir, kebijakan ini dilakukan untuk memberikan dorongan terhadap dunia usaha.

 Baca juga: KUR Bunga 0% untuk Korban PHK dan Emak-Emak, Bisa Pinjam Rp10 Juta

"Suku bunga 0% sampai 31 desember 2020. Berarti, pemerintah berikan subsidi kepada para pekerja yang ingin berusaha, kepada ibu rumah tangga yang berusaha sebesar 19%," ujar Iskandar dalam video yang diunggah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (14/8/2020).

Dia melanjutkan kebijakan ini diambil pemerintah karena berdasarkan realisasi di lapangan, program restrukturisasinya masih relatif kecil. Apalagi kondisi para pengusaha penerima KUR masih belum pulih. Maka diputuskan subsidi diperpanjang.

 Baca juga: Pemerintah Tanggung Pembayaran KUR Senilai Rp29,6 Triliun

"Realisasi tambahan subsidi bunga KUR masih relatif kecil dan kondisi penerima KUR masih belum pulih sepenuhnya," katanya.

Adapun, subsidi bunga diberikan hanya KUR yang direstrukturisasi saja. Hal ini sesuai dengan Keputusan ini tertuang dalam Pasal 5A Peraturan Menko Nomor 8 tahun 2020 tentang Perubahan atas Permenko 6/2020 tentang Perlakukan Khusus bagi Penerima KUR terdampak Covid-19.

"Tambahan subsidi bunga KUR diberikan kepada KUR lama dengan kolektibilitas tanggal 29 Februari 2020, tergolong 1 atau 2 serta untuk seluruh KUR baik yang mengajukan maupun yang tidak mengajukan," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini