Waspada! Jangan Sampai Dunia Usaha Bangkrut karena Krisis Covid-19

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 20 2263121 waspada-jangan-sampai-dunia-usaha-bangkrut-karena-krisis-covid-19-0Ua2GOzP50.jpg Ekonomi RI Minus pada Kuartal II-2020. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah dinilai waspada terhadap perekonomian hingga akhir tahun. Bila tidak cepat teratasi, maka proses pemulihan ekonomi akibat virus corona akan berlangsung sangat lama.

Apalagi bila dunia usaha harus tutup karena tidak bisa bertahan di tengah krisis corona. Hal ini bisa membuat perekonomian pulih lebih lama.

"Kalau dunia usahanya sudah bangkrut duluan selama wabah, pemulihan akan berlangsung lama,” ujar Ekonom Core Indonesia Piter Abdullah.

Oleh karena itu, hal yang mesti diwaspadai. Bila usaha lesu dan berujung kebangkrutan, maka dipastikan pemulihan ekonomi Indonesia pasca resesi akan berlangsung lama.

Selain itu, faktor lain yang memengaruhi pemulihan ekonomi di Tanah Air, seberapa cepat wabah virus corona ini berakhir? Semakin cepat maka bisa dipastikan geliat perekonomian akan kembali pulih.

“Pemulihannya bergantung wabahnya kapan selesai. Kedua, kondisi dunia usaha ketika wabah berakhir,” kata Piter. (feb)

Baca Selengkapnya: Jika Dunia Usaha Bangkrut, Ekonomi Indonesia Akan Semakin Parah

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini