7 Cara Promosi Bisnis Tanaman Hias, Jalin Relasi Seluas Mungkin!

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 320 2264526 7-cara-promosi-bisnis-tanaman-hias-jalin-relasi-seluas-mungkin-zZXJPUpSc1.jpg Tanaman Hias (Foto: Groupon)

JAKARTA – Umumnya para pedagang tanaman hias sudah memiliki standar harga untuk setiap jenis tanaman yang dijual. Strategi promosi perlu dilakukan agar harga yang dipasang dapat diterima oleh konsumen.

Promosi merupakan cara mengenalkan produk yang dimiliki kepada konsumen. Dalam usaha tanaman hias ada beberapa metode promosi yang bisa dilakukan, berikut seperti dilansir dari buku "Kaya dan Bisnis Tanaman Hias" oleh Redaksi Agromedia, Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Lowongan Kerja Data Analyst, Profesi yang Lagi Hype

1. Pameran

Salah satu cara yang paling efektif dalam berpromosi adalah dengan mengikuti pameran-pameran tanaman hias yang saat ini semakin sering digelar. Selain sebagai ajang promosi, pameran juga berfungsi sebagai pasar langsung.

2. Kontes

Mengikuti kontes sebenarnya juga bertujuan menciptakan image di kalangan pemain dan konsumen dalam menampilkan barang unggulan. Sebelum mengikuti kontes, harus benar-benar dipersiapkan tanaman yang diprediksikan bisa menang dalam kontes.

Nilai plus yang didapat jika bisa memenangi kontes adalah harga jual barang akan meningkat dan pamor dalam dunia tanaman hias akan semakin dikenal.

 

3. Memasang Iklan

Walaupun cara ini membutuhkan biaya yang relatif besar, bisa dikatakan cukup efektif karena langsung menuju sasaran. Jika beriklan di media massa, pilihlah media yang benar-benar terpercaya dan memiliki pembaca yang banyak.

4. Mouth to Mouth

Promosi melalui mouth to mouth atau dari mulut ke mulut merupakan cara yang paling sederhana dan murah, karena tidak membutuhkan biaya dan tenaga. Cara ini akan efektif jika menjual barang berkualitas dengan disertai pelayanan yang memuaskan.

5. Internet

Setidaknya cara ini bisa menghemat waktu dan biaya promosi. Selain itu, ada pula situs yang sengaja dikelola untuk menarik perhatian konsumen tanaman hias.

Melalui media tersebut, nurseri juga memberikan berbagai penawaran diskon, dan jaminan penggantian tanaman yang rusak. Dengan demikian, alih-alih mencari pembeli, tetapi justru pembeli yang akan mencari.

6. Promosi Khusus

Teknik promosi ini yakni menjual tanaman hias kepada orang yang cukup dikenal, misalnya sekelas menteri atau gubernur. Dengan begitu akan muncul image bagus di kalangan pemain tanaman hias.

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan tambahan kepada konsumen, seperti memberi hadiah khusus dari setiap pembelian.

7. Menjalin Relasi

Promosi sehebat apapun tidak akan ada artinya tanpa memiliki relasi yang kuat. Relasi bisa didapatkan dengan cara mengikuti persatuan atau organisasi tanaman hias.

Biasanya organisasi tersebut sering mengadakan berbagai kegiatan seperti pelatihan, diskusi, pameran, dan tukar pendapat antarpemain tanaman hias. Setidaknya juga bisa belajar tentang perawatan dari para pakarnya, serta bisa menambah koleksi tanaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini