Daftar Daerah yang Peduli Kenyamanan Angkot di Wilayahnya

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 320 2265011 daftar-daerah-yang-peduli-kenyamanan-angkot-di-wilayahnya-0Wl3JToqdg.jpg Kualitas Angkutan Umum Harus Jadi Perhatian. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menilai layanan transportasi umum di daerah semakin buruk. Lemahnya Sumber Daya Manusia yang handal dan kurang pedulinya Kepala Daerah terhadap keberadaan transportasi menjadi penyebabnya.

Padahal, katanya, perbaikan layanan moda transportasi dengan memperhatikan aspek kesehatan dapat memberi kontribusi besar terhadap pendapatan daerah.

Baca Juga: Pengusaha Minta Menhub Kampanyekan Naik Bus Aman dan Nyaman

Meski begitu, dia mencatat, tidak semua daerah memiliki akses pelayanan transportasi yang buruk. Tidak sedikit pula daerah yang cukup kreatif dan inovatif di tengah keterbatasan anggaran masih sangat peduli dengan keberadaan layanan transportasi umum di daerahnya.

Potret Pemudik di Terminal Kalideres Jelang Idul Adha

"Ya, seperti Tabanan (Trans Tabanan), Kota Semarang (Trans Semarang), Kota Pekanbaru (Trans Metro Pekanbaru), Jawa Tengah (Trans Jateng), Banda Aceh (Trans Kutaraja), dan DI Yogyakarta (Trans Yogya)," ujar Djoko, Jakarta, Kamis (20/8/2020).

Baca Juga: Terpukul Pandemi Covid-19, Penumpang Bus AKAP Baru 30%

Dia juga menyinggung bahwa pemerintah telah memberikan subsidi terhadap penyelenggaran transportasi umum di daerah melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pemberian Subsidi Angkutan Penumpang Umum Perkotaan.

Pada tahun ini, kata dia, terdapat lima kota mendapatkan program ini, yakni Medan, Palembang, Yogyakarta, Surakarta dan Denpasar. Bahkan, akan dilanjut pada tahun 2021 untuk Kota Bandung, Banjarmasin, Surabaya dan Makassar.

Karena itu, tinggal sejauh mana pemda di Bodetabek dan dasrah lainnua merespon kebijakan itu untuk membenahi transportasi lokal di daerah masing-masing. Dia bilang, program ini menghilangkan sistem setoran dan pengemudi sudah mendapat gaji bulanan.

"BPTJ menganggarkan untuk mendukung kepala daerah di Bodetabek yang berminat merevitalisasi transportasi lokalnya dengan skema buy the service untuk mendapat bantuan operasional dari Kemenhub," ujarnya.

Slain itu, transportasi regional dan lokal di Bodetabek yang sehat akan menjadi model layanan baru transportasi umum. Political will kepala daerah di Bodetabek membenahi transportasi umum sangat dinanti dan diharapkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini