Korban PHK Harus Segera Move On, Coba Usaha Minim Modal Ini

Safira Fitri, Jurnalis · Sabtu 22 Agustus 2020 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 320 2265777 korban-phk-harus-segera-move-on-coba-usaha-minim-modal-ini-rCbdah87rL.jpeg Karyawan di PHK (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terus terjadi meskipun kini aktivitas ekonomi sudah kembali dibuka pada tatanan baru atau era new normal. Menurut data pengusaha, sudah ada 6,4 juta karyawan yang di PHK dan 2,9 juta orang yang dirumahkan.

Bagi korban PHK, ada sejumlah inspirasi usaha dengan modal bisnis yang bisa dicoba. Untuk memulai suatu usaha, terkadang seseorang ragu karena terbentur dengan modal usaha yang cukup tinggi. Padahal ternyata modal atau uang bukan satu-satunya faktor keberhasilan bisnis yang dijalani.

Mengutip buku Untung Berlipat Modal 1 Juta karya Ivana Lestari, Sabtu (20/6/2020), ada 2 jenis usaha yang bisa dicoba dengan modal sekitar Rp1 juta. Pertama gerai minuman ringan dan kedua, kios gado-gado.

Baca Juga: 9 Strategi Membangun Usaha Minuman dan Snack

Gerai Minuman Ringan

Modal awal Rp1 juta. Diperkirakan, bisa balik modal dalam waktu sekira 2,5 bulan. Kemudian keuntungan yang didapat per bulannya sebesar Rp500 ribu. Salah satu kunci suksenya, yaitu kemaslah minuman sachet dalam cup.

Untuk jenis minuman tertentu diracik menggunakan shaker, tambahkan carian topping seperti keju atau chocho cips untuk memancing konsumen untuk membeli.

Segmentasi pasar dari penjualan itu adalah anak sekolah yang menyenangi minuman sachet yang enak, murah dan cepat saji. Dalam mengelola usaha ini juga tak perlu keahlian khusus karena cara penyajiannya yang sangat mudah, cukup diberi air dan dishake.

 

Kios Lotek, Gado-Gado dan Ketupat Tahu

Modal awal untuk memulai usaha ini sekira Rp1,8 juta, dengan estimasi perkiraan balik modal kurang lebih dalam satu bulan. Keuntungan per bulan bisa sampai Rp2,2 juta.

Mesti terlihat mudah, kunci sukses untuk memulai bisnis ini adalah sayuran yang harus benar-benar segar. Daunnya masih berwarna segara dan belum layu.

Selain itu, perbanyak camilan berupa goreng-gorengan sebagai pelengkap menu karena keuntungan diperoleh dari sana.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini