Keren, Uang Pecahan Rp75.000 Lebih Canggih Dibanding Dolar AS

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 20 2267652 keren-uang-pecahan-rp75-000-lebih-canggih-dibanding-dolar-as-hmDAdn6CcX.jpg BI Terbitkan Uang Khusus Kemerdekaan Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengatakan ada fitur yang sangat membedakan antara Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) RI ke-75 senilai Rp75.000 dengan uang yang telah diterbitkan sebelumnya.

"Tepatnya adalah fitur pengaman ekstra di UPK 75 tahun ini. Benang pengamannya sudah menggunakan teknologi microlens tertinggi dan terkini. Dia akan bergerak manakala kita gerakkan sedikit, seluruh elemennya akan bergerak. Ini belum pernah ditemukan kasus pemalsuannya," ungkap Marlison dalam Webinar - Ngomongin Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga: Begini Syarat dan Cara Tukar Uang Rp75.000 Secara Kolektif

Dia mengatakan, dolar AS menggunakan teknologi benang pengaman edisi tahun 2014. Sementara UPK 75 menggunakan teknologi benang pengaman versi 2019.

"Jadi kelasnya lebih tinggi ya. Kami juga pakai color shifting ink terkini di gambar bunga anggrek puspa pesona di lembarannya, warnanya akan bergerak dari sisi manapun kita melihatnya," tambah Marlison.

Selain itu, BI juga menggunakan teknologi terkini dalam menaruh watermark di lembar UPK Rp75.000 ini.

Baca Juga: Bos BI dan Gubernur Bank Sentral Asia Ungkap Strategi Lawan Covid-19

"Di watermarknya, dengan cahaya rendah, kita bisa melihat gambar air dua pahlawan tadi. Beberapa elemen lainnya, kalau dilihat dengan ultraviolet, akan terlihat keindahannya," tutur Marlison.

Dia mengatakan, BI akan senantiasa memperbaharui dan meningkatkan kualitas uang kertas cetak.

"Jadi UPK 75 tahun ini adalah prototypenya, bagaimana kami akan mencetak uang ke depannya," pungkas Marlison.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini