Negara Banyak yang Resesi, Sri Mulyani Ingatkan Covid-19 Belum Berakhir

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 20 2268283 negara-banyak-yang-resesi-sri-mulyani-ingatkan-covid-19-belum-berakhir-hFDX5i79Yo.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah memastikan tanda covid-19 belum berakhir. Terutama soal dampak ke perekonomian.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani tekanan dan pengaruh covid-19 ini masih akan berlangung lama. Adapun tekanan covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia namun di beberapa negara.

 Baca juga: Airlangga hingga Erick Thohir Percepat Serapan Anggaran PEN agar RI Terhindar Resesi

"Pandemi global yang dihadapi seluruh dunia menjadi situasi yang luar biasa, tanda-tanda covid-19 ini belum berakhir dan masih akan lama," ujar Sri Mulyani dalm sambutan virtual pada acara Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Dia melanjutkan, dengan adanya covid-19 ini membuat setiap negara berbondong mencari dan membuat keberadaan vaksin. Termasuk di Indonesia yang mana vaksin sangat berpengaruh besar kepada kegiatan seluruh masyarakat dan ekonomi.

 Baca juga: Indonesia di Ambang Resesi, Sri Mulyani: Jangan Menyerah!

"Apakah vaksin akan segera ditemukan dan bisa didistribusikan dan apakah waktu untuk menangani dan menyembuhkan bisa dikontrol atau dikelola yang memiliki implikasi luar biasa terhadap kegiatan seluruh masyarakat termasuk aspek ekonomi," katanya.

Dia menambahkan, akibat pandemi Covid-19 seluruh negara mengalami kondisi ekonomi yang sangat tertekan. Banyak yang mengalami resesi kontraksi ekonomi hingga mencapai double digit.

 Baca juga: Fokus Kembangkan SDM, Jokowi Ingin RI Lolos dari Middle Income Trap

"Dalam situasi Luar biasa ini pemerintah melakukan berbagai tindakan yang extra-ordinary dalam menanggapi suatu outlook atau proyeksi kondisi masyarakat dan ekonomi yang mengalami perubahan yang luar biasa pemerintah juga melakukan langkah-langkah luar biasa," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini