Pemerintah Sebut Pencairan Dana PEN Cukup Besar di Pekan Ini

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 320 2269215 pemerintah-sebut-pencairan-dana-pen-cukup-besar-di-pekan-ini-Yn8LvLnxPH.jpg Budi G Sadikin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam sepekan pemerintah telah melakukan pencairan dana program stimulus ekonom cukup besar. Terutama untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Jumat (28/8/2020).

"Dalam minggu ini pencairan dana program untuk pemulihan ekonomi cukup besar dikeluarkan oleh pemerintah," ujarnya.

 Baca juga: Sri Mulyani Sebut Orang Kaya Tak Lagi Nongkrong, Begini Faktanya

Budi menjelaskan dari enam program pelaksanaan pemulihan ekonomi nasional, ada empat hal yang menjadi fokus utama. Adapun keempat program tersebut yaitu perlindungan sosial, UMKM, program sektoral kementerian/lembaga dan pemda serta pembiayaan korporasi.

"Dari 4 fokus utama itu, kami fokus dalam dua sektor yaitu perlindungan sosial dan UMKM" jelasnya

Dari data yang dipaparkan, untuk perildungan sosial, kata Budi, ada tambahan sebesar Rp7 triliun yang dicairkan untuk masyarakat. Dari Rp7 triliun itu mayoritas disalurkan untuk bansos non-Jabodetabek dan kartu prakerja.

 Baca juga: Sri Mulyani: Orang Kaya Sudah Enggak Nongkrong hingga ke Bioskop

"Kita sudah melakukan menyalurkan dan pak presiden sudah menyalurkannya di Aceh dan hari ini akan ada di Jogja." Ujarnya.

Pencairan dana yang tersalurkan juga terjadi di sektor UMKM. Hal ini penempatan dana pemerintah di perbankan yang digunakan untuk restrukturisasi kredit UMKM, serta program baru yakni banpres produktif usaha mikro dan kecil.

"Banpres produktif dalam seminggu saja sudah Rp2,4 triliun yang disalurkan. Kami berharap bantuan yang sifatnya langsung ini dapat membantu perekonomian di kuartal III," terangnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini