Share

Beda dengan Bank BUMN, Pertumbuhan Kredit BPD Moncer

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 320 2271503 beda-dengan-bank-bumn-pertumbuhan-kredit-bpd-moncer-Ux7c27c2kg.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan signifikan penyaluran kredit di Bank Pembangunan Daerah (BPD). Bahkan pertumbuhan kredit lebih tinggi dibanding Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan bank swasta.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan pertumbuhan kredit BPD hingga Juli 2020 mencapai 8,32%. Posisi ini jauh lebih tinggi atas pertumbuhan kredit Himbara sebesar 3,36% dan bank umum swasta yang hanya 0,91%.

Baca juga: Realisasi Rendah, Subsidi Bunga KUR Diperpanjang hingga Akhir Tahun

"Artinya ini ada permintaan yang di daerah cukup besar meskipun ini total tidak bisa mengangkat secara nasional. Tapi di sini ada tanda-tanda bahwa pertumbuhan itu dimulai dari daerah," kata Wimboh di Gedung DPR, Rabu (2/9/2020).

Dia mengatakan kinerja kredit bank-bank kepemilikan asing justru merosot tajam hingga mengalami kontraksi pertumbuhan pada bank asing minus 5,35% secara tahunan.

Baca juga: Resmi! Emak-Emak dan Korban PHK Dapat Pinjaman Bunga 0%, Ini Syaratnya

"Bank umum swasta hanya tumbuh 0,91 persen ini sektor swasta memang belum kelihatan dan apalagi kalau bank milik asing ini malah mencatatkan kontraksi. Ini tugas kami mengkomunikasikan kenapa belum confident," bebernya.

Dia menambahkan restrukturisasi kredit bakal mengalami peningkatan. Saat ini restrukturisasi kredit mencapai Rp857 triliun. Sedangkan, di perusahaan pembiayaan Rp176,33 triliun.

"Jumlah debitur di perbankan 71,8 juta debitur dan pembiayaan 4,52 juta," tandasnya.

 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini