Raih Cuan dari Jualan Bolu Motif Kain Songket

Bambang Irawan, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 455 2272153 raih-cuan-dari-jualan-bolu-motif-kain-songket-SjM0us1sHs.jpg Bolu Songket (Foto: Bambang/Okezone)

PALEMBANG – Linda Aprianti dan Susi Feriana tak menyangka ketika ide liarnya membuat motif songket di atas bolu senting ternyata diminati masyarakat Palembang. Keduanya menuangkan gagasan menambahkan hiasan bermotif songket bertujuan agar kuenya itu dilirik para pembeli.

Situasi di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini membuat setiap pengusaha untuk memutar otaknya agar melahirkan produk yang memiliki keunikan tersendiri. Sebab, bila menjajakan barang tanpa ada ciri khasnya, kecil kemungkinan untuk memenangkan persaingan di tengah menurunnya daya beli konsumen.

Baca Juga: Michael Jordan Jadi Investor dan Penasihat DraftKings, Perusahaan Judi Online

“Antusiasme warga cukup tinggi di mana dalam sehari dipesan sebanyak lima Loyang,” kata pengelola gerai bolu songket, Linda Aprianti di Palembang, Kamis (3/9/2020).

Dia menjelaskan, dirinya menjual kue yang memiliki ukuran panjang 22 cm dan lebar 22 cm itu dengan harga Rp375 ribu per loyangnya. Para pelanggan pun menilai harga itu wajar karena mereka yang memesan biasanya untuk acara keluarga seperti lamaran dan acara adat setempat.

bolu

“Bolu senting merupakan bolu khas Palembang yang sudah mulai punah dan biasanya dijadikan untuk hantaran atau hadiah acara adat setempat,” ujarnya.

Dalam membuat bolu songket ini diperlukan bahan-bahan seperti telur bebek, gula pasir, susu ,terigu, mentega dan perisa banana. Langkah pertama yang dilakukan yaitu mencampurkan telur dan gula pasir hingga mengembang. Kemudian, masukkan susu, perisa banana dan terigu.

“Selanjutnya, kukus adonan dan oleskan mentega cair kemudian lapisi dengan adonan merah yang sudah dicampur pewarna makanan dan kukus selama lima belas menit,” katanya.

Setelah itu, dilapisi dengan adonan putih dan kembali dikukus. Ketika kue sudah terlihat matang, langkah selanjutnya yaitu mendinginkannya selama 30 menit. Terakhir, melukis motif songket di atas bolu tersebut.

“Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian agar hasilnya sempurna. Proses ini bahkan bisa memakan waktu selama satu jam,” kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini