Lagi Tren Main Layangan, Awas Nyangkut di Kabel Listrik Dendanya Rp2,5 Miliar

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 320 2276024 lagi-tren-main-layangan-awas-nyangkut-di-kabel-listrik-dendanya-rp2-5-miliar-vsi8OF2iIH.jpg Listrik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Layang-layang saat ini menjadi salah satu permainan yang dimainkan oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi belakangan ini cuaca mendukung untuk bermain layang-layang.

Namun, tak jarang pula benang yang digunakan untuk bermain layang-layang justru membahayakan orang dan lingkungan sekitar. Seperti adanya benang yang menyangkut pada kabel atau jaringan listrik.

Baca Juga: Jakarta Rem Mendadak, Tenang Tak Perlu Panic Buying

Hal tersebut tentunya berbahaya sebab dapat mengganggu aliran listrik. Tidak hanya itu, benang dan layangan yang menyangkut bisa menyebabkan gangguan listrik. 

"Karena kalau sampai benang dan layangannya nyangkut di kabel listrik bisa bahaya dan mengganggu jaringan listrik, yang mengakibatkan listrik padam," tulis PLN Disjaya dalam Instagram, Jumat (11/9/2020).

listrik

Alangkah baiknya jika bermain layang ditanah lapang. Sehingga tidak menggangu dan minimmnya potensi menyangkut pada aliran listrik. 

Sekedar informasi, menyebabkan putusnya aliran listrik dan merugikan masyarakat dapat terkena pidana penjara selama 5 tahun. Selain itu, ada pula denda paling banyak Rp2,5 miliar.

"Lindungi anak dan kerabat terdekat dengan tidak bermain layang menggunakan tali kawat dan jauh dari jaringan listrik," pesan PLN. Saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain ya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini