Bantuan Uang untuk UMKM Harus Dipercepat

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 320 2278925 bantuan-uang-untuk-umkm-harus-dipercepat-mzGW5tWtL2.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Penyaluran dan distribusi bantuan kepada pelaku UMKM harus lebih difokuskan lagi oleh pemerintah. Hal ini agar dana yang sudah dianggarkan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bisa terserap secara maksimal.

Peneliti Lipi Carunia Mulya Firdausy menilai pemerintah sudah maksimal dalam hal menganggarkan stimulus untuk para UMKM. Namun, hal itu patut didukung juga dengan imlementasi dari distribusi dan penyalurannya.

Baca Juga: Ini Keunggulan UMKM Indonesia

“Jadi bantuan uang yang dicanangkan tidak sesederhana langsung membuat UMKM lari. Memang distribusi dan penyaluran harus dipercepat,” kata Carunia dalam acara Market Review di IDX Channel, Rabu (16/9/2020).

Menurut dia, UMKM harus diutamakan dalam penyelamatan krisis ekonomi akibat pandemi ini. Pasalnya, perekonomian Indonesia pondasinya itu berasal dari geliat aktivitas pelaku UMKM.

Baca Juga: Lagi Pandemi Covid-19, Usaha Mahar Pernikahan Justru Ramai Dicari Calon Pengantin

“UMKM adalah bagi yang lemah sehingga sangat tinggi pengaruhnya. Karena memang ekonomi kita itu kakinya dari UMKM. Apalagi jumlahnya sudah hampir melebihi 99%,” ujarnya.

Dia menyebut, bila para UMKM masih menderita akibat bantuan yang lama sampai, hal itu bisa berdampak terhadap kontraksi ekonomi. Sehingga, diharapkan pemerintah bisa cepat memberi stimulus kepada para pelaku UMKM tersebut.

“Akibatnya enggak ada pilihan. Apapun akan terpengaruh,” katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini