Uang Ratusan Triliun Dihabiskan demi Pulihkan Ekonomi Asia

Safira Fitri, Jurnalis · Senin 21 September 2020 05:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 320 2280898 uang-ratusan-triliun-dihabiskan-demi-pulihkan-ekonomi-asia-1mPICX1Fwp.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Asian Development Bank (ADB) diketahui turut membantu membiayai negara berkembang di Asia dan Pasifik untuk mengatasi dampak Covid-19 dan dan pemulihan ekonomi. Tercatat anggaran yang nantinya diberikan ADB senilai USD20 miliar atau setara Rp296,7 triliun.

President ADB Masatsugu Asakawa mengatakan terus berkomitmen untuk bermitra dengan negara-negara berkembang di Asia dan Pasifik untuk mencapai tujuan pemulihan kawasan dari pandemi Covid-19. Hal ini sebagai bentuk menjaga kepercayaan para negara sebagai mitra setia selama masa sulit.

Adapun pihaknya mendukung negara-negara anggotanya dalam enam bidang utama, yaitu pertama, mendorong kerja sama dan integrasi regional untuk membantu para anggota memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh institusi global. Kedua, memperkuat investasi di bidang kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial, serta membangun sumber daya manusia yang dibutuhkan perekonomian dalam jangka panjang.

Ketiga, mempercepat upaya untuk mengatasi perubahan iklim. Keempat, berinvestasi pada teknologi informasi dan data untuk kesehatan, pendidikan, pembiayaan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah, dan kerja jarak jauh, sekaligus mengatasi kesenjangan digital dan keamanan dunia maya. Kelima, membantu anggotanya memperkuat mobilisasi sumber daya domestik melalui kerja sama perpajakan internasional. Keenam, mendukung pengembangan vaksin yang aman dan efektif, dan untuk merumuskan strategi penyampaian yang adil.

Sementara untuk bidang perpajakan, ADB membangun regional hub untuk mempromosikan berbagi pengetahuan dan memperkuat kerja sama dalam bidang kebijakan perpajakan dan administrasi perpajakan lintas ekonomi di Asia Pasifik dan mitra pembangunan.

Baca Selengkapnya: Pulihkan Ekonomi Asia, ADB Gelontorkan Dana Rp296,7 Triliun

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini