Fantastis, Janda Bolong Bikin Petani Raup Cuan Ratusan Juta Rupiah

Yuwono, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 455 2286132 fantastis-janda-bolong-bikin-petani-raup-cuan-ratusan-juta-rupiah-5U6yxLxyFg.jpg Janda Bolong (Foto: Yuwono/Okezone)

BANDUNG BARAT - Janda bolong kini bagaikan sedang menjadi primadona di dunia tanaman hias. Pasalnya, di kawasan Lembang, janda bolong tengah menjadi viral, dengan harganya yang dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Tanaman yang memiliki ukuran tidak terlalu besar dan jarang berbunga tersebut, juga sedang ramai diperbincangkan di media sosial, lantaran memiliki nama yang unik dari jenis tanaman hias lainnya.

Baca Juga: Pajak Mobil 0% Bisa Selamatkan 1,5 Juta Pekerja Otomotif dari PHK

Selain itu, janda bolong juga memiliki karakter daun berbeda dari daun pada umumnya, hal ini juga yang menjadikannya memiliki nilai harga yang fantastis.

Tak heran jika menjual tanaman janda bolong saat ini menjadi salah satu usaha yang cocok di masa pandemi, karena lebih menjanjikan.

Seperti salah satunya, Asep Mulyana atau akrab dipanggil Pepep. Dirinya mulai bertani tanaman janda bolong sejak empat bulan yang lalu, yang hingga saat ini sudah memiliki beragam jenis tanaman janda bolong.

Baca Juga: Pajak 0% Turunkan Harga Mobil, Gaikindo: Tergantung

Diketahui, tanaman yang sedang viral tersebut didapatkannya dari seorang teman yang juga berprofesi di bidang pertanian tanaman hias. Awalnya, Pepep hanya coba membeli beberapa tanaman saja, kemudian dikembangkan sehingga saat ini sudah berjumlah hingga puluhan ragam jenis janda bolong.

Adapun nama-nama dari jenis tanaman janda bolong yang masing-masingnya memiliki keistimewaan tersendiri. Seperti janda bolong jenis monstera dan variegata. Tanaman tersebut cocok diletakkan di luar maupun di dalam ruangan.

Karena memiliki beberapa keunggulan, mulai dari kemilau yang tampak mewah pada daun, mampu mendatangkan atmosfer kesejukan hutan tropis ke dalam ruangan, dengan ciri khas utamanya adalah karakter daun yang berbeda, serta lubang-lubang yang terdapat pada setiap helainya.

Lubang-lubang pada daun tersebut, terbentuk karena monstera mengalami preforasi, atau proses perlubangan akibat tetesan air yang cukup intens. Lubang itu pula yang membuat tanaman tersebut dinamai janda bolong.

"Awalnya tak menyangka tanaman yang sudah ada sejak dulu ini akan menjadi viral seperti saat ini. Harganya yang fantastis membuat usaha baru ini menjadi bisnis yang cocok di masa pandemi," ujar Asep Mulyana.

Untuk diketahui, kisaran harga jual tanaman janda bolong terhitung dari per satu daun. Maka lebih banyak daun yang dimiliki, tentu nilainya akan semakin mahal.

Namun, setiap daun yang ada dalam satu pohon harganya juga belum tentu sama, tergantung pada jenis dan karakter daun yang dimilikinya. Harga per satu daun untuk jenis janda bolong biasa berada pada kisaran Rp15.000 hingga jutaan rupiah.

Sedangkan untuk janda bolong dengan jenis tertentu, harga dipatok mulai dari Rp50 juta hingga ratusan juta rupiah per satu daunnya.

Sementara tanaman janda bolong yang dimiliki Asep ini selain sudah dipasarkan ke sejumlah kota besar di pulau Jawa dan provinsi lainnya di Indonesia, namun juga sudah berhasil tembus ke beberapa negara luar, seperti Amerika, Thailand, Korea, dan negara lainnya.

Tak heran sejak tanaman hias tersebut viral, petani tanaman hias pun kebanjiran permintaan dan membuat omzet per bulannya mencapai puluhan juta rupiah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini