Izin Dirikan Usaha, Jokowi: Sangat Simpel

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 320 2291315 izin-dirikan-usaha-jokowi-sangat-simpel-nvNrSM7ZFc.jpg Proses Perizinan Investasi di Jakarta. (Foto:: Okezone.com/PTPS Jakarta)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan Undang-Undang Cipta Kerja memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, salah satunya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Dengan adanya UU Cipta Kerja ini, masyarakat yang ingin membuka usaha baru akan dipermudah. Karena dalam mengurus perizinan baru cukup mendaftar saja.

"Undang-Undang Cipta Kerja memudahkan masyarakat, khususnya usaha mikro dan kecil untuk membuka usaha baru," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga: Sertifikasi Halal pada Produk Makanan dan Minuman Gratis

Sebelumnya, bagi masyarakat yang ingin membuka usaha baru membutuhkan waktu lama karena memiliki perizinan yang tumpang tindih. Dengan adanya Cipta Kerja seluruh perizinan yang berbelit dipangkas.

"Regulasi yang tumpang tindih dan prosedur yang rumit dipangkas. perizinan usaha untuk usaha mikro kecil UMK tidak diperlukan lagi. Hanya pendaftaran saja. Sangat simpel," jelasnya.

Tak hanya para pelaku UMKM, pembentukan Perseroan Terbatas (PT) juga akan dipermudah. Karena tidak perlu ada batas modal minimum dalam persyaratannya.

"Pembentukan PT atau perseroan terbatas juga dipermudah. tidak ada lagi pembatasan modal minimum," kata Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi: Izin Kapal Nelayan Cukup ke KKP Saja

Selain itu, pembentukan koperasi juga akan dipermudah. Karena dalam UU Cipta Kerja, syarat mendirikan koperasi cukup memiliki anggota sebanyak 9 orang saja.

"Pembentukan koperasi juga dipermudah. jumlahnya hanya 9 orang saja koperasi sudah bisa dibentuk. kita harapkan akan semakin banyak koperasi koperasi di tanah air," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini