Piutang Negara Capai Rp297,9 Triliun, Dari Mana Saja?

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 320 2292217 piutang-negara-capai-rp297-9-triliun-dari-mana-saja-zpeJmEBYoW.jpg Piutang Indonesia Capai Rp297 Triliun. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Angka piutang negara mencapai Rp297,9 triliun pada 2019. Pada laporan keuangan negara, angka ini cukup besar yang terdiri atas beberapa bagian.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan, sebagian dari piutang adalah piutang yang tertagih dan dibayarkan secara rutin oleh yang bertanggung jawab atas piutang tersebut. Sebagian piutang ada juga yang terakumulasi dari tahun-tahun sebelumnya dan belum bisa dibayarkan.

Baca Juga: Sri Mulyani Buka-bukaan Soal Utang dari Zaman Belanda

"Jadi, tepatnya Rp297,9 triliun itu gabungan dari piutang-piutang yang dibayar secara berkala sesuai dengan kesepakatan dan piutang yang juga beberapa saat tidak mendapatkan pembayaran dari yang berkewajiban," ujar Isa dalam acara Market Review IDX Channel, Senin (12/10/2020).

Isa menjelaskan, piutang negara terdiri atas dua bagian, yaitu piutang dari perpajakan dan non perpajakan. Untuk angka piutang non perpajakan sekitar Rp166 triliun dan perpajakan sekitar Rp131 triliun.

Baca Juga: Kemenkeu Catat Piutang Negara Sebesar Rp358,5 Triliun

"Yang non perpajakan ada beberapa yang tergolong dari piutang jangka panjang tapi akan jatuh tempo dalam 12 bulan ke depan, itu biasanya kita sebut bagian lancar dari piutang jangka panjang," kata dia.

"Kemudian, ada juga piutang-piutang dari BLU (Badan Layanan Umum), kemudian ada juga dari piutang beberapa lembaga atau instansi lain pemerintah yang tidak dapat dikategorikan Kementerian/Lembaga atau BLU," sambungnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini