614 Ribu Peserta Kartu Prakerja Kini Jadi Pengusaha

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 320 2293564 614-ribu-peserta-kartu-prakerja-kini-jadi-pengusaha-6OSMMssCt8.jpg Kartu Prakerja untuk Bantu Mencari Kerja. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Program Kartu Prakerja diklaim tepat sasaran, karena banyak peserta mengaku mendapatkan manfaat dari program ini.

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin mengatakan, hingga saat ini pelaksanaan program Kartu Prakerja sudah terlaksana sebanyak 10 gelombang. Dari 10 gelombang yang dibuka, ada 5,59 juta orang yang sudah menjadi program kartu pra kerja.

Baca Juga: Setelah Google dan Twitter Tetapkan WFH Permanen, Perusahaan Ini Jadi 'Followers'

Dari jumlah tersebut, 11% di antaranya sudah membuka usaha sendiri meskipun masih dalam kategori Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal tersebut pun menjadi kabar baik mengingat semula mereka tidak memiliki pekerjaan alias menganggur.

"Sebanyak 11% peserta Kartu Prakjerja, atau sekitar 614 ribu peserta yang awalnya menganggur, sekarang sudah jadi wirausahawan mikro, kecil, menengah," ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga: Dulu Pengangguran, Kini 11% Peserta Kartu Prakerja Bisa Gajian Lagi

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari apa yang diberikan pemerintah kepada para peserta. Sebab, selain diberikan pelatihan, pemerintah juga memberikan bantuan berupa insentif kepada para peserta yang sudah rampung menjalankan pelatihan.

Sebagai gambaran, insentif yang diberikan adalah sebesar Rp1 juta untuk pelatihan. Kemudian ada insentif sebesar Rp2,4 juta yang diberikan setelah pelatihan selesai.

Nantinya insentif sebesar Rp2,4 juta itu akan dibagi menjadi 4 kali tahapan penyaluran. Adapun insentif yang disalurkan setiap tahapnya adalah Rp600.000.

Selain itu, ada insentif tambahan yang diberikan oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dengan syarat harus mengisi tiga survei evaluasi program. Adapun insentif yang diberikan adalah sebesar Rp150.000.

Rudy berharap, bantuan sebesar Rp2,4 juta hingga berbagai macam pelatihan yang telah memberikan manfaat bagi para peserta Kartu Prakerja, bisa membawa perubahan dalam aspek keekonomian para pesertanya. Khususnya bagi mereka yang sudah memulai usaha, diharapkan bisa bertahan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Kami berharap setidaknya usaha (yang dilakukan para peserta Kartu Prakerja) ini, paling tidak bisa bertahan lebih dari enam bulan," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini