4 Pangan yang Bisa Ditanam di Rumah, Bawang hingga Seledri

Safira Fitri, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 470 2294070 4-pangan-yang-bisa-ditanam-di-rumah-bawang-hingga-seledri-qXgGBGKWWt.png Menanam di Rumah. (Foto: Okezone.com/Kementan)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong percepatan pelaksanaan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang telah tersebar di lebih dari 3.800 titik di Indonesia, yang meliputi pembangunan rumah bibit dan penanaman di demplot pekarangan.

Adapun di masa seperti ini, sebaiknya masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga. Hal ini juga untuk menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan kekeringan yang sedang terjadi.

Baca Juga: Atur Tata Letak Ruangan Tanpa Kurangi Furnitur

Dengan itu, masyarakat diharapkan mampu menyediakan pangan secara mandiri dan mampu memproduksinya sendiri. Oleh sebab itu, mulai berkebun di rumah saja dapat dimulai dengan menanam beberapa jenis sayuran berikut ini.

Pertama, menanam selada segar di dapur.

 "Sisa daun selada itu ternyata bisa ditanam ulang. Caranya, potong bagian bawah selada kurang lebih 2 sentimeter. Taruh batang selada di dalam mangkuk kecil yang sudah diberi air sebanyak setengah inchi. Tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari," tulis keterangan Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Kedua, menanam bawang sendiri.

Jangan membuang bagian atas siung bawang yang kamu masak. Dengan bagian itu, bisa menanam bawang sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Buat Batas Ruangan Multifungsi di Rumah

Caranya, buang kulit bawang dan tanam di tanah dengan ujung siung bawang menghadap ke bawah. Tempatkan di tempat yang terkena matahari langsung, oke.

Ketiga, menanam daun bawang.

 Cara menanam daun bawang, tempatkan bagian akar di dalam sebuah wadah kecil yang telah diisi air. Daun bawang dengan tunas yang baru akan tumbuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Pastikan untuk selalu rutin mengganti air di dalam wadah.

Keempat, menanam seledri tanpa repot.

Cara menanamnya, simpan bagian bawah seledri sepanjang 2 sentimeter di dalam mangkuk kecil yang telah diberi air. Tempatkan mangkuk di dekat kaca yang terkena sinar matahari secara langsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini