Pengusaha Hotel Diminta Manfaatkan Buah-buahan dari UMKM

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 320 2294629 pengusaha-hotel-diminta-manfaatkan-buah-buahan-dari-umkm-B2F71YQlbJ.jpg Buah-buahan (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong produksi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya bekerja sama dengan para pengusaha perhotelan dalam memanfaatkan produk UMKM Indonesia.

Menteri Perdagangan (Mendag ) Agus Suparmanto mengatakan bahwa produk UMKM memiliki keunggulan yang hebat. Salag satunya produk buah dan makanan bisa digunakan di setiap hotel di Indonesia.

 Baca juga: Bertahan di Era Covid-19, UMKM Jangan Kaku

"Ini meningkatkan transkasi bagi UMKM. Misalnya dalam buah-buah produk UMKM yang tiap hari supply makanana dan melayani para tamu dan salah satu faktor UMKM bisa bertahan yaitu melakukan partisipasi bersama para pengusaha hotel," ujar Mendag dalam video virtual, Jumat (16/10/2020).

Dia meminta agar para usaha perhotelan agar membeli produk UMKM. Pasalnya produk buah dan makanan pada UMKM memiliki harga yang terjangkau dan kualitas yang baik.

 Baca juga: Masuk Era Digital, Perkuat UMKM dengan Teknologi Geospasial

"Ini cukup tinggi yang mana kualitas baik dan harga terjangkau dan cukup baik dan fasilitas pembiayaan unkm dan bekerja dengan pihak-pihak ini dipermudah dalam melaksankan kegiatan," jelasnya.

Dia menambahkan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mendapat dukungan bersama. Peningkatan yang perlu dilakukan meliputi aspek kualitas produk, modal, desain kemasan, dan pasar.

 Baca juga: UMKM Dapat Sertifikat Halal Gratis!

"Pemerintah dengan dukungan pihak-pihak terkait berkomitmen membantu menyediakan dan memperluas pasar produk UMKM dengan memberikan kemudahan pembiayaan dan pemasaran bagi UMKM," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini