Hasil Survei, Masyarakat yang Pendapatannya Menurun Semakin Berkurang

Kunthi Fahmar Shandy, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 320 2294811 hasil-survei-masyarakat-yang-pendapatannya-menurun-semakin-berkurang-N9vc3m0kou.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Seluruh dunia terkena dampak akan virus Corona atau Covid-19. Baik dari sisi kesehatan maupun perekonomian dan sosial.

Berdasarkan hasil survei terbaru Ipsos, bahwa mayoritas masyarakat di Asia Tenggara merasa situasi ekonomi di negara mereka tidak baik, bahkan sangat buruk.

Hasil survei untuk Indonesia sendiri, terlihat bahwa 57% masyarakat merasa situasi perekonomian Indonesia dalam keadaan buruk, 17% merasa sangat buruk.

Dibandingkan dengan hasil survei gelombang pertama Mei 2020 (yang mana saat itu negara-negara berada di tengah-tengah penerapan larangan dan pembatasan ketat), Asia Tenggara melaporkan adanya peningkatan pendapatan masyarakat, khususnya untuk Indonesia dan Filipina yang paling menunjukkan peningkatan signifikan.

Untuk Indonesia sendiri pada hasil survei gelombang pertama, 84% responden mengaku merasakan penurunan pendapatan, sedangkan pada survei gelombang kedua ini, sebanyak 74% responden merasakan penurunan pendapatan mereka, yang mana persentase ini turun 10% dibandingkan hasil survei gelombang pertama Mei lalu (84%).

Baca selengkapnya: Indonesia, Negara Paling Optimis Akan Adanya Peningkatan Ekonomi

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini