Tabung Uang BLT Subsidi Pekerja, Simak Caranya

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 622 2295198 tabung-uang-blt-subsidi-pekerja-simak-caranya-ze5lRfiVIX.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Pemerintah segera mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Pekerja gelombang kedua. Ada baiknya jika BLT sebesar Rp1,2 juta tersebut dikelola dengan baik misalnya untuk membuka usaha atau ditabung.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan dalam menabung, hal tersebut karena landasan paradigma yang dimiliki salah tentang menabung.

Baca Juga: Kabar Gembira, BLT Subsidi Gaji Rp1,2 Juta Gelombang 2 Ditransfer Akhir Oktober

Untuk itu, coba ubahlah paradigma menabung, bahwa menabung adalah pengeluaran rutin dan prioritas di awal. Pastikan menabung di awal segera setelah menerima pendapatan, sebelum digunakan untuk kepentingan yang lain.

Berikut adalah tips menabung dengan efektif seperti dilansir dari buku Cash Flow for Women: Menjadikan Perempuan Sebagai Manajer Keuangan Paling Top oleh Ahmad Gozali, Jakarta, Sabtu (17/10/2020).

Baca Juga: Hore, BLT Subsidi Gaji Sudah Ditransfer ke 10 Juta Rekening Pekerja

Pertama, menabunglah di awal, bukan di akhir. Jangan menabung dari uang sisa bulanan, tapi langsung sisihkan untuk ditabung begitu mendapatkan uang, sisanya baru dipakai untuk yang lainnya.

Kedua, biar sedikit asal konsisten. Tidak perlu menunggu berpenghasilan besar baru mulai menabung, karena semakin banyak penghasilan akan semakin besar juga pengeluarannya. Berapa pun penghasilannya, sebaiknya sisihkan setidaknya 10%dari penghasilan sebagai tabungan.

 

Ketiga, lebih awal, lebih baik atau jangan menunda-nunda untuk menabung. Karena semakin awal berinvestasi, semakin besar juga hasilnya.

Keempat, perhatikan dengan baik di mana menyimpan tabungan. Sebaiknya tidak hanya menyimpan dalam rekening tabungan atau deposito saja, tetapi sebaiknya investasikan juga dana nganggur untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini