Budidaya Bonsai dan Jualan Online, Untungnya Enggak Ngebohongin

Erwin Setiawan, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 455 2298283 budidaya-bonsai-dan-jualan-online-untungnya-enggak-ngebohongin-nE04iA7eD2.jpg Bonsai (Foto: Klorofa)

PALEMBANG - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat tanaman bonsai menjadi booming. Selain keindahan dan keunikannya, hal yang membuat bonsai menarik adalah harga jualnya yang fantastis karena mencapai ratusan juta.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mencoba peruntungannya untuk membeli dan mengoleksi bonsai. Bagi mereka yang memiliki keahlian serta keuletan banyak yang bereksperimen untuk membudidayakan bonsai.

Baca Juga: Mengintip Kebun Kurma di Tanah Rencong

Salah satu Penghobi Bonsai Suyanto misalnya yang mengungkapkan jika, dirinya telah menggeluti budidaya bonsai selama 20 tahun. Awalnya berasal dari hobi namun lama kelamaan justru menjadi lumbung usaha yang mampu menghasilkan uang.

“Tanaman bonsai booming dimulai satu tahun belakangan,” kata dia, Jumat (23/10/2020).

Apalagi ditambah dengan adanya pandemi virus corona yang mengharuskan masyarakat melakukan aktivitas di luar rumah.

Maka tak heran sebagian masyarakat menghabiskan waktu di rumah bersantai bersama dengan keluarga sambil menyalurkan hobi masing-masing. Bonsai sendiri banyak diminati karena bentuknya yang unik dan cantik. Selain itu, Bonsai juga mampu tumbuh subur sesuai dengan iklim yang ada di Indonesia.

Suyanto pun mengungkapkan cara mempromosikan bonsai miliknya untuk dijual. Di mana dirinya memanfaatkan sosial media, atau juga bisa mendatangi langsung rumahnya yang berada komlek Griya Sekojo, Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan 2 Ilir , Kecamatan Ilir Timur 2 Kota Palembang.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini