Fatwa Jadi Hal Penting untuk Kembangkan Ekonomi Syariah

Aditya Pratama, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 320 2300429 fatwa-jadi-hal-penting-untuk-kembangkan-ekonomi-syariah-varkwWHdMp.jpg Bank Syariah (Shutterstock)

JAKARTA - Fatwa merupakan hal penting dalam pengembangan perekonomian dan keuangan berbasis syariah di Indonesia. Bahkan, syariah bisa menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dan juga menjadi role model dalam berbagai produk keuangan.

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Wimboh Santoso mengatakan, fatwa merupakan ruh atau jiwa dari ekonomi dan keuangan syariah, karena fatwa akan memberikan koridor dan batasan atas kesyariahan suatu transaksi yang seyogyanya sejalan dengan dinamika dan perkembangan zaman.

 Baca juga: Ma'ruf Amin Ungkap Ekonomi Syariah RI Hasil Perjuangan Panjang

"Oleh karena itu, fatwa merupakan hal yang sangat penting dan menjadi pembeda antara keuangan yang bersifat syariah dan keuangan yang bersifat bukan syariah," ujar Wimboh dalam acara Seminar Internasional Isu Fikih Kontemporer Pada Ekonomi dan Keuangan Syariah secara virtual, Selasa (27/10/2020).

Ketua dewan komisioner OJK ini menambahkan, di Indonesia keputusan atau fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) merupakan hasil ijtihad kolektif atau dikenal dengan nama ijtihad jama'i.

 Baca juga; Wapres: Pulihkan Ekonomi dengan Penguatan Keuangan Syariah

"Tentu dari derajatnya ijtihad ini mempunyai kekuatan yang lebih kuat atau lebih tinggi terutama apabila dibandingkan dengan ijtihad yang dilakukan oleh individual ulama," katanya.

Wimboh menerangkan, di Indonesia, fatwa yang diterbitkan khususnya mengenai transaksi keuangan syariah berperan sangat penting dalam pengembangan industri keuangan yang berbasis syariah.

"Karena akan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap syariah kesyariahannya atas produk dan layanan yang dikeluarkan lembaga keuangan syariah," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini